PERKUAT MORALITAS DAN INTEGRITAS TEKAN KORUPSI . Sahabat Humas…Dalam rangka ra…

0
28

PERKUAT MORALITAS DAN INTEGRITAS TEKAN KORUPSI
.
Sahabat Humas…Dalam rangka rangkaian Hari Korupsi Sedunia, KPK menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Senin (15/11/2021). Rakor yang dilaksanakan secara virtual dari Gedung Negara Grahadi tersebut diikuti oleh Bupati/Walikota se-Jawa Timur.
Bupati Magetan diwakili oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti didampingi seluruh Kepala OPD atau yang mewakili di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Magetan.

.
Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Alexander Rubi Setyohadi bahwa tindak pidana korupsi saat ini masih menjadi masalah utama. Indeks korupsi dunia tahun 2020 Indonesia menduduki urutan 45. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan korupsi, sedikit banyak telah membawa perubahan. Moralitas, dan integritas harus terus dilakukan penguatan di setiap unit kerja. Di sini BPKP juga turut ambil peran dalam hal pengawasan keuangan dan pembangunan serta pengendalian internal terutama di daerah.
.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan upaya pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara masif dengan menggandeng berbagai stakeholder. Sehingga upaya tersebut bisa efektif dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel.
.
Dijelaskan Wakil ketua KPK RI, Nurul Ghufron ada berbagai dampak korupsi antara lain merusak sistem demokrasi, merusak pasar dan persaingan usaha, meruntuhkan hukum, pelanggaran HAM, menurunkan kualitas hidup/pembangunan berkelanjutan dan menyebabkan kejahatan lain berkembang. Sedangkan bentuk korupsi antara lain kerugian keuangan negara, suap menyuap, konflik kepentingan dalam pengadaan, penggelapan dalam jabatan, curang, pemerasan dan gratifikasi. Kenali korupsi agar kita bisa menghindari.
.
Nurul Ghufron menekankan bahwa bentuk perjuangan masa kini adalah memberantas korupsi. Hal itu bukan masalah ringan tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin, semua pasti bisa dengan komitmen kuat semua pihak.
” Jihad masa kini, melawan korupsi. Dan semua bisa menjadi pahlawan masa kini “, pesan Nurul Ghufron. (Prokopim/dj/dok.be/KD1).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here