PERESMIAN LABORATORIUM RT-PCR DAN KAMAR OPERASI (OK) COVID-19 DI RSUD dr. SAYIDI…

0
77

PERESMIAN LABORATORIUM RT-PCR DAN KAMAR OPERASI (OK) COVID-19 DI RSUD dr. SAYIDIMAN MAGETAN.

Sahabat Humas, Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H., M.Si meresmikan Laboratorium PCR dan Kamar Operasi (OK) Covid-19 di RSUD dr. Sayidiman Magetan, Rabu (27/01).

Setelah melalui mekanisme sejak Juli 2020 yang mulai dari informasi penerimaan bantuan alat RT-PCR, sosialisasi, penerimaan alat, audiensi, perencanaan, visitasi, implementasi, magang, training, trial, hingga ijin operasional resmi keluar dan akun NAR Lab Kode C.475 pada 21 Desember 2020. Meskipun sebenarnya telah beroperasi sejak 30 November 2020 yang lalu.

Dengan kondisi laboratorium yang cukup baik dan memadai (berdasarkan self asesment laboratorium RS dan Laboratorium lain yang melakukan pemeriksaan covid-19 dengan kriteria dari SE KMK.No.HK.01.07/Menkes/405/2020), selama kurun waktu 3 bulan (November 2020-Januari 2021) telah dilakukan testing sebanyak 938 pasien, dan Magetan termasuk ke dalam kabupaten yang melebihi target testing. Sehingga diharapkan nantinya bisa memenuhi kebutuhan pelayanan pasien yang dirawat di rumah sakit yang memerlukan pemeriksaan pcr 1×24 jam bisa terpenuhi.

Sementara itu, dengan diresmikan pula kamar operasi (OK) covid-19, yang dipergunakan untuk melayani pasien terduga/terkonfirmasi covid-19 yang membutuhkan tindakan pembedahan pada kasus cito (emergensi) menjadi kamar operasi pertama di Karesidenan dengan menggunakan tekanan negatif, sehingga ruangan benar- benar steril. Keberadaan kamar OK ini memang sangat dibutuhkan. Kamar OK covid-19 yang telah difungsikan sejak 24 Desember 2020 tersebut, hingga saat ini telah menangani 8 kasus cito maternal.

Bupati Suprawoto juga mengungkapan rasa terima kasih kepada para nakes yang merupakan garda terdepan dalam melawan covid-19. Kepada masyarakat Magetan, Bupati juga tak pernah bosan mengingatkan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

(Prokopim/jr/kd1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here