Peresmian Laboratorium RT-PCR dan Kamar Operasi Covid-29 di RSUD Sayidiman Maget…

0
102

Peresmian Laboratorium RT-PCR dan Kamar Operasi Covid-29 di RSUD Sayidiman Magetan.

Dalam acara tersebut dihadiri Bupati Magetan beserta Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Magetan, Assisten, Kepala OPD terkait, Direktur RSUD Sayidiman dan staf. Acara digelar di RSUD Sayidiman Magetan, Rabu. (27/1/2021).

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto. SH. M.Si meresmikan lab. RT- PCR dan kamar operasi covid-19 dengan pemotongan pita. Ia menyampaikan, Melihat road map operasional Lab PCR di Kabupaten Magetan pada bulan Juli 2020 lalu, mulai penerimaan bantuan alat RT-PCR dari BNPB sosialisasi penerimaan alat, audiensi, perencanaan, visitasi, implementasi, magang, training, trial, hingga pada tanggal 30 November 2020 PCR mulai beroperasi dengan pelaporan secara manual. Sampai bulan Desember 2020 akhirnya izin operasional resmi akun nar Lab keluar kode C.475.

Kondisi lab pcr di RSUD Sayidiman Magetan cukup memadai dan baik. Meskipun saat ini cakupan layanan hanya melayani internal rumah sakit bagi pasien yang dalam perawatan dan mitigasi resiko petugas, tercatat selama kurang lebih dalam kurun waktu 3 bulan, mulai November 2020 sampai dengan Januari 2021 telah dilaksanakan test sebanyak 938 pasien ( data per 25 Januari 2021). Sehingga nantinya ditargetkan bisa memenuhi kebutuhan layanan pasien yang dirawat di rumah sakit yang memerlukan indikasi pemeriksaan PCR terpenuhi 1×24 jam sesuai pedoman.

Ada beberapa kendala yang kita alami seperti kurangnya staf ATLM (Analisis yang menjalankan Tindakan Pengambilan Spesimen Rutin dan Pelaksana Test PCR), kurangnya staf administrasi, belum terpenuhi sarana prasarana dan sebagainya. Kita semua berharap agar pandemi covid-19 segera berakhir, oleh karena itu kita sebagai masyarakat Magetan selalu tegakkan disiplin protokol kesehatan, terapkan 5M.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here