Pemkab Magetan Siapkan Tambahan RS Darurat. Sahabat humas, Guna memenuhi kebutu…

0
21

Pemkab Magetan Siapkan Tambahan RS Darurat.

Sahabat humas,
Guna memenuhi kebutuhan tempat penanganan akibat lonjakan jumlah penderita COVID-19, Pemkab Magetan menyiapkan tambahan bangunan yang akan dikonversi menjadi fasilitas Rumah Sakit Darurat COVID-19 di 2 wilayah, yakni Puskesmas Kecamatan Lembeyan dan Panekan.
.
Merujuk pada prevalensi SARS COV2 di Magetan, diasumsikan sebanyak 22% (3.956) masyarakat Magetan memerlukan perawatan di RS dan 14.059 orang menjalani isolasi mandiri atau dirawat di RS luar Magetan. Ditengah situasi pandemi yang belum jelas kapan berakhirnya, hal yang bisa kita lakukan adalah menyusun langkah antisipasi yang bisa dipertanggungjawabkan, salah satunya yaitu rencana pembangunan RS Darurat ini, jelas Epidemiolog Dinas Kesehatan, Agoes Yudi Purnomo, SKM, MPH.
.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menambahkan agar nantinya setelah selesai RS Darurat tidak dibongkar seperti umumnya, namun bisa dikembangkan dan digunakan menjadi RS Tipe D. Diperkirakan menelan anggaran sebesar 7,8 M. “Dengan terbatasnya anggaran, RS Darurat akan difokuskan untuk lokasi Kecamatan Lembeyan terlebih dahulu dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan”, ujarnya. Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menjelaskan strategi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dalam penanganan keadaan darurat.
.
Dalam arahannya Bupati Magetan menjelaskan dari berbagai kesulitan yang dialami ketika terjadi kenaikan kasus yang luar biasa memunculkan ide pembangunan RS Darurat ini. Kecamatan Lembeyan yang berlokasi di ujung tenggara Kabupaten Magetan, dirasa cocok sebagai lokasi RS Darurat yang akan dibangun nantinya. Selain mempermudah askes masyarakat luas, penambahan fasilitas kesehatan ini juga sebagai warisan atau monumen kebaikan, kelak ketika Covid-19 telah lenyap dari muka bumi.
.
Bertempat di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha, rakor dihadiri oleh Bupati Magetan didampingi Forkopimda dan OPD terkait. Pada acara tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab. (06/09)
(Prokopim/pi/dok.gtm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here