Pembukaan Learning Event Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia. Sahabat hu…

0
49

Pembukaan Learning Event Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia.

Sahabat humas,
Wakil Bupati Magetan ikuti pembukaan learning event ‘Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia’. Bertempat di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha, Wakil Bupati Magetan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengikuti acara pembukaan secara virtual.
(23/03/2021)
.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendukung program yang dijalankan bersama oleh Rumah Energi Hivos menggerakkan bioenergi dalam bentuk pemanfaatan biogas di rumah yang telah dilaksanakan selama 1 dekade.
Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal EBTKE, KESDM Dadan Kusdiana.
.
Biru adalah program kerjasama antara @kementerianESDM , @HIVOSROSEA dan Yayasan @rumahenergi yang telah berjalan selama 10 tahun sejak 2009.
Selama 10 tahun, terdapat 119.000 org penerima manfaat & membangun tdk krg dr 25.157 unit biodigester.
Biru mendukung energi bersih dan pemberdayaan masyarakat untuk pemanfaatan energi terbarukan.
.
Biranchi Updhyaya selaku Regional Director Hivos Southeast Asia mengharapkan dari acara 2 hari ini akan didapatkan pembelajaran yang bermanfaat terkait biogas rumah, beliau juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM atas Progam BIRU.
.
Selanjutnya, sambutan disampaikan Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana, yang turut sampaikan permintaan maaf Menteri ESDM (baru saja) tidak dapat mengikuti sesi. Beliau akan sampaikan sambutan mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif.
Beliau menyampaikan apresiasi kepada Hivos dan Rumah Energi atas kontribusinya selaku mitra pengembangan biogas di Indonesia. “Apresiasi jg kami sampaikan ke seluruh pihak yang konsisten dukungan kpd dan energi bersih yang lebih terjangkau.”
.
Pemerintah menyusun kebijakan yang menekankan pada sumber EBT dan memperhatikan tren keekonomian EBT. Program pengembangan biogas merupakan salah satu dari usaha mencapai bauran energi 23% pada tahun 2025.
.
Biogas dapat menjadi pengganti LPG dan dapat membantu Pemerintah mengurangi impor LPG dan efisiensi subsidi LPG. Biogas pun dapat menjadi sumber energi listrik skala rumahan.
(Berita selanjutnya di kolom komentar)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here