Peluncuran Program Literasi Digital Nasional Bertepatan dengan hari kebangkitan…

0
82

Peluncuran Program Literasi Digital Nasional

Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional tahun 2021, Kamis (20/5), Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui gerakan nasional literasi digital siberkreasi meluncurkan program terbaru untuk literasi digital bernama “Indonesia Makin Cakap Digital 2021”.

Acara yang dilaksanakan melalui zoom meeting itu Dihadiri dan diluncurkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika), Bapak Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri), Bapak Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), dan seluruh Pimpinan Daerah se-Indonesia.

Program ini ditujukan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital kita yang seru, tapi tetap aman, beretika, dan produktif.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan himbauan untuk terus meminimalisir konten negatif dengan cara membanjiri ruang digital dengan konten – konten positif. “Kita harus meningkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang menyejukkan dan membawa perdamaian”, katanya.

Jokowi juga berujar bahwa internet harus mampu meningkatkan produktifitas masyarakat dan membuat UMKM naik kelas. “Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, agar semakin cakap pemanfaatan internet untuk kegiatan inovatif dan produktif”, tutupnya.

Kementrian Kominfo juga akan membukan Kelas pelatihan literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kelas tersebut terbuka bagi masyarakat luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Dalam program ini, peserta dibatasi sebanyak 50 orang untuk yang hadir langsung ke lokasi maupun yang mengikuti melalui platform daring. Materi kelas ditigal yang di akan diberikan didasarkan pada Etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital, dan budaya bermedia digital.

Untuk informasi pendaftaran program ini dapat dipantau melalui akun media sosial resmi Siberkreasi atau melalui tautan https://event.literasidigital.id/.
(Diskominfo/pb.ryz/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here