Panduan Mengunduh Aplikasi Cek Bansos Inovasi penyaluran bantuan sosial alias b…

0
50

Panduan Mengunduh Aplikasi Cek Bansos

Inovasi penyaluran bantuan sosial alias bansos terus digeber. Tujuan utamanya adalah agar bansos tersebut tepat sasaran.
Nah terobosan baru itu diperkenalkan Kementerian Sosial melalui aplikasi bernama “Cek Bansos.” Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk mengecek bantuan sosial yang diberikan pemerintah.

Di aplikasi ini kita bisa mengecek mulai dari cek penerima, usul, hingga sanggah. Untuk meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan sosial, Kementerian Sosial memperbarui fiturnya. Dua fitur baru tersebut adalah “Usul” dan “Sanggah”.

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah memang giat mengucurkan sejumlah bantuan sosial kepada warga terdampak. Sayangnya, di lapangan penyaluran bantuan ini banyak dikeluhkan karena tidak tepat sasaran. Tidak tepatnya penyaluran ini sudah terjadi sejak awal bantuan itu dilakukan. Ombudsman mencatat dari sejumlah aduan yang masuk ke lembaga ini, penyaluran bantuan sosial paling banyak diadukan masyarakat.

Merespons persoalan-persoalan itulah kemudian Kementerian Sosial memperbaharui fitur “usul” dan “sanggah.” Dengan fitur itu, masyarakat bisa ikut mengontrol pembaruan data. Keterlibatan masyarakat juga bisa mengakselerasi proses pembaruan sehingga membantu tugas pemerintah daerah.

Bagaimana cara mengajukan untuk menjadi penerima bansos? Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi
Aplikasi ini sudah tersedia di PlayStore. Kata kunci “Aplikasi Cek Bansos” dan cek apakah pembuatnya adalah Kementerian Sosial atau bukan, karena banyak aplikasi serupa.

2. Registrasi
Anda harus melakukan registrasi terlebih dulu, karena menu “Usul” dan “Sanggah” hanya bisa diakses dengan menggunakan user ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial.
Siapkan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP saat melakukan registrasi. aplikasi akan meminta foto KTP.
Setelah mendaftar, isi kode OTP yang dikirimkan ke email Anda. Lalu Anda akan diminta menunggu data-data tersebut diverifikasi oleh petugas.
Setelah berhasil registrasi, Anda dapat mengkses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

Lanjut pada komentar.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here