Ops Ketupat Semeru 2022, Polres Magetan Siapkan 250 Personel dan 8 Pos

0
17

Magetan (beritajatim.com) – Kepolisian Resor Magetan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Ops Ketupat Semeru 2022 di wilayah Kabupaten Magetan, Rabu (20/4/2022).

Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha menyampaikan, rakor didasari bahwa dalam libur Idul Fitri tahun ini pemerintah memerbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dengan syarat sudah melakukan vaksinasi lengkap dan booster. Sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No.16 tahun 2022, tentang ketentuan pelaku perjalanan dalam negeri di masa Pandemi Covid-19.

Rakor persiapan Pengamanan Ops Ketupat Semeru 2022 Polres Magetan bersama lintas sektoral di Gedung Pesat Gatra Mako Polres Magetan, Rabu (20/4/2022) (foto: Sihumas Polres Magetan)

“Pelaksanaan Ops Ketupat yang berlangsung 12 hari, dari tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022 ini sebagai upaya kemanusiaan, pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran yang tahun ini diperbolehkan pemerintah,” kata Yakhob, Rabu (20/4/2022).

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 ini, pihaknya akan melibatkan petugas Pengamanan terdiri dari 250 Polres Magetan dan Polsek jajaran dan didukung oleh TNI sebanyak 51 personel, Dishub 30 personil, enam personel dinas kesehatan dan satu orang personil BPBD Magetan, serta instansi terkait lainnya sebanyak 50 personel.

Rakor persiapan Pengamanan Ops Ketupat Semeru 2022 Polres Magetan bersama lintas sektoral di Gedung Pesat Gatra Mako Polres Magetan, Rabu (20/4/2022) (foto: Sihumas Polres Magetan)

“Pengerahan personel tersebut akan ditempatkan di satu, pos terpadu, empat pos pengamanan dan tiga pos pelayanan, serta di lokasi-lokasi yang rawan baik kriminalitas, laka lantas maupun tempat keramaian dan objek wisata di wilayah Magetan,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pesat Gatra Polres Magetan tersebut dipimpin langsung Kapolres Magetan yang diikuti forkopimda dan dihadiri PJU dan Kapolsek Jajaran serta undangan dari lintas sektor TNI, Pol PP, Dishub, Dinkes, PM, Pom AU dan instansi terkait yang terlibat dalam operasi kemanusiaan dengan sandi “Ops Ketupat Semeru 2022”.

Yakhob menyebut kegiatan Rakor ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi dan satu pikiran dalam pelaksanaan Operasi jelang mudik lebaran 2022, yang didalamnya dari berbagai unsur lintas sektoral.

“Pelaksanaan Rakor ini sangat penting guna menyamakan persepsi untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan mudik lebaran di tengah situasi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 ini, Kapolres Magetan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya bersama pencegahan dan pengendalian covid19 di wilayah Kabupaten Magetan yang masuk Level.I PPKM. [fiq/but]



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here