Musim Hujan Datang, Dinkes Ingatkan Waspada DBD. Dinas Kesehatan Kabupaten Mage…

0
20

Musim Hujan Datang, Dinkes Ingatkan Waspada DBD.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mengingatkan warga terkait penyakit Demam Berdarah atau DBD dengan datangnya musim hujan. Plt. Kadinkes Magetan dr. Rohmad Hidayat mengatakan, tingginya intensitas hujan turun juga meningkatkan resiko genang ari dimana mana yang bisa digunakan Nyamuk untuk berkembang biak.
Untuk mencegah perkembang biakan nyamuk aedes aegypti menurut dr Rohmat adalah menjaga kebersihan lingkungan.Selain itu diperlukan gerakan 3 m plus dengan menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas. “ Serta plusnya itu menghindari gigitan nyamuk dengan tidur memakai kelambu serta makai obat anti nyamuk, “ ujarnya.
Rohmat Hidayat menambahkan, langkah melakukan voging menurutnya salah satu cara untuk mengurangi perkembangan nyamuk aedes aegypti, namun langkah tersebut kurang efetif untuk membunuh larva nyamuk yang jumlahnya lebih banyak disbanding nyamuk devasa. Langkah paling efektif menurutnya adalah konsisten menerapkan 3 M plus serta menjag alingkungan tetap bersih. “ Fogging itu salah satu upaya untuk mengatasi demam berdarah. Tetapi itu hanya untuk membunuh nyamuk dewasa,” terang dr. Rohmad Hidayat.(diskominfo/kontrib.rif/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here