Mengetahui Lebih Dekat tentang Thalasemia: Penyebab, Gejala, dan langkah Mengatasinya

0
21
Blood Laboratory Test Lab Scientist Sample

Thalasemia adalah jenis gangguan darah genetik yang membikin seseorang kekurangan zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin adalah protein pada sel darah merah yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda. kalau Anda mempunyai thalasemia, maka tubuh tidak akan dapat membikin cukup hemoglobin, yang akan menyebabkan kadar oksigen dalam darah menjadi rendah.

Penyebab

Thalasemia disebabkan oleh mutasi genetik yang diturunkan dari orang uzur ke anak. Ada dua jenis thalasemia, yakni thalasemia mayor dan thalasemia minor. Thalasemia mayor lebih berat dibandingkan thalasemia minor, disebabkan seseorang telah menerima gen mutan dari kedua orang tuanya. Sementara thalasemia minor, hanya satu orang uzur yang memberikan gen mutan tersebut.

Gejala

Beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita thalasemia adalah kelelahan, kesulitan bernapas, keringat berlebih, kelemahan, dan infeksi yang sering terjadi. Gejala yang lebih parah mungkin akan muncul pada penderita thalasemia mayor, termasuk pertumbuhan lamban, pembengkakan pada paras dan tubuh, serta risiko kematian.

langkah Mengatasinya

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan thalasemia. tetapi, terapi yang dapat dilakukan adalah transfusi darah dan pemberian zat besi. Transfusi darah bertujuan untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh, sedangkan pemberian zat besi bertujuan untuk menanggulangi kekurangan zat besi di tubuh. Pengobatan pada penderita thalasemia pada umumnya adalah seumur hidup.

Selain terapi medis tersebut, penderita thalasemia juga perlu menjalani gaya hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan membatasi aktivitas yang menyebabkan kelelahan. Dalam beberapa kasus, penderita thalasemia juga perlu menjalani terapi psikologis untuk membantu mereka mengatasi depresi atau kecemasan.

konklusi

Thalasemia merupakan gangguan darah genetik yang disebabkan oleh mutasi genetik. Gejala yang muncul pada penderita thalasemia adalah kelelahan, kesulitan bernapas, keringat berlebih, kelemahan, dan infeksi yang sering terjadi. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan thalasemia, tetapi terapi yang dapat dilakukan adalah transfusi darah dan pemberian zat besi. Selain itu, penderita thalasemia juga perlu menjalani gaya hidup yang sehat. kalau Anda mencurigai diri Anda mengalami thalasemia, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penaksiran dan pengobatan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here