Mengenal Proses Pembuatan Tosan Aji Sahabat Humas, Tosan Aji adalah senjata p…

0
66

Mengenal Proses Pembuatan Tosan Aji

Sahabat Humas,
Tosan Aji adalah senjata pusaka tradisional. Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka.
.
Keris sebagai tosan aji, yaitu besi yang dimuliakan, memiliki sisi estetika yang menawan. Berbeda dengan senjata logam lain seperti pedang samurai yang berbentuk lurus dan mengkilap, keris relatif berukuran lebih pendek, ada yang bilahnya berkelok-kelok seperti naga, serta dihiasi beragam motif yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan tampilan keris tampak indah dan berkarakter.
.
Pameran tosan aji yang digelar oleh Paguyuban Sejarah Kebudayaan Tradisional dan Ekonomi Kreatif (Pekatik) Magetan, selain sebagai sarana pelestarian warisan budaya adiluhung ini juga memberikan workshop pembuatan keris oleh Empu Mng. Daliman Puspobudoyo dan Empu Teguh dipelataran gedung Tripandita, Sabtu (27/11/2021).
.
Pada kesempatan tsb, Bupati Suprawoto bersama Forkopimda juga turut mencoba menempa besi yang bakal dijadikan sebuah keris. Besi panas yang ditempa diatas arang ini membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk menjadi sebuah keris yang indah. Pembuatan keris sendiri cukup memakan waktu dengan segala ritual nya, dari tirakat, doa, proses pelipatan besi sampai finishingnya, sehingga keris yang dihasilkan benar-benar memiliki nilai yang tinggi baik dari segi seni sampai spiritualnya.
.
Pameran tosan aji dan workshop pembuatan keris ini juga dimaksudkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat umum dan pelajar di Magetan tentang warisan budaya leluhur.
(Prokopim/edh/ahm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here