Menengok Menggeliatnya Kembali Telaga Sarangan, Magetan

0
333

Telaga Sarangan tak sekadar menjadi objek wisata andalan Magetan, tetapi juga sebagai sandaran hidup banyak orang. Karena itu, dibukanya kembali destinasi di lereng Gunung Lawu itu disambut antusias. Seperti apa geliatnya?

KEINDAHAN kawasan Telaga Sarangan tidak luntur. Telaga yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu menawarkan ragam pesona yang menjadi magnet wisatawan.

Telaga seluas 30 hektare itu masih terlihat alami. Airnya jernih. Pengunjung yang datang juga mendapat suguhan view telaga yang dipadu dengan puncak Gunung Lawu yang mengagumkan.

Selain itu, ragam pendukung objek wisata sudah tersedia di sana. Mulai puluhan hotel dan tempat penginapan, taman bermain, sejumlah sentra kuliner, hingga cenderamata. Membuat pengunjung mendapat banyak pilihan untuk bertamasya.

Belum lagi sejumlah wahana tambahan yang bisa dinikmati. Di antaranya, perahu boat untuk berkeliling telaga, sensasi berkuda, dan arena permainan anak-anak. Karena itu, tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke sana tak pernah sepi.

Namun, merebaknya persebaran Covid-19 membuat geliat Telaga Sarangan meredup. Bahkan sempat mati suri akibat sejumlah kebijakan pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah demi mengatasi pandemi.

Imbasnya luar biasa. Tak hanya membuat geliat pariwisata di sana mati pletes, 70 persen dari 336 kepala keluarga (KK) di lingkungan Sarangan terdampak secara ekonomi. ”Kalau untuk makan, mereka ada. Tapi, untuk membayar angsuran bank, tagihan listrik, dan air, tidak memiliki pemasukan,” cerita Lurah Sarangan Prima Suhardi Putra.

Setelah sekian lama ditutup, kini Telaga Sarangan kembali beroperasi. Magetan telah berstatus PPKM level 2. Masyarakat menyambut gembira. Geliat wisata di sana mulai terasa.

Setelah dua pekan terakhir beroperasi kembali, wisatawan mulai mengalir meski belum pulih seperti semula. Aktivitas usaha juga mulai terlihat seperti persewaan kuda, perahu, penjual makanan, dan pelaku usaha hotel. ”Dua pekan ini, ada peningkatan pendapatan sekitar 25 persen,” katanya.



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here