Mahasiswa KKN UNESA Memberikan Pendidikan Karakter Kepada Murid-Murid SDN Sombo melalui Cerita Dongeng Anak Tiongkok

0
164

Dalam upaya untuk memberikan pesan moral kepada generasi muda, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Magetan 24 dari Universitas Negeri Surabaya telah mengadakan kegiatan yang kreatif dan inspiratif di SDN Sombo, Kecamatan Poncol. Melalui menceritakan cerita dongeng anak dari Tiongkok, para mahasiswa KKN berhasil menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada murid-murid.

Salah satu cerita dongeng yang dipilih adalah “Naga Emas dan Katak Hijau“. Cerita ini mengandung nilai-nilai kebaikan, kerja sama, dan saling peduli antara sesama makhluk hidup. Para mahasiswa KKN dengan antusias dan penuh semangat menceritakan cerita tersebut kepada murid-murid SDN Sombo.

Kisah ini menceritakan seekor naga emas yang besar dan kuat bernama Long Long. Ia memiliki sifat yang sombong dan angkuh, sedangkan Katak Hijau yang bernama Ming Ming adalah katak yang baik hati dan ramah. Suatu hari, desa Ming Ming mengalami musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan. Hal itu membuat katak segera mencari solusi dengan cara meminta bantuan kepada naga, namun naga tersebut angkuh dan tidak peduli pada masalah katak karena ia merasa bahwa ia adalah seekor naga yang hebat dan berkuasa dan tidak memiliki waktu untuk hal-hal sepele seperti itu. Akhirnya, katak memutuskan untuk meminta bantuan kepada Roh hutan yang bijaksana dan peduli terhadap semua makhluk hidup dan mereka bekerja sama menggali sumur di tepi desa.  Penduduk desa pun merasa sangat bahagia.

Naga terkejut mendengar berita keberhasilan desa dalam menemukan air. Ia merasa malu karena telah bersikap angkuh dan tidak mau membantu saat katak hijau itu memohon kepadanya. Ia menyadari bahwa kekuasaan sejati adalah tentang kebaikan hati dan saling peduli terhadap makhluk lain. Melalui cerita tersebut, murid-murid diajak untuk memahami pentingnya saling membantu dan bekerja sama dalam menghadapi masalah. Kisah antara katak hijau yang gigih dan naga emas yang sombong menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak. Mereka belajar bahwa kebaikan hati dan kerendahan hati adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.

Mahasiswa KKN UNESA juga berusaha menggugah kepedulian anak-anak terhadap lingkungan sekitar, menanamkan nilai-nilai penting seperti menjaga alam, peduli terhadap sesama, dan memperhatikan kebutuhan orang lain. Mahasiswa KKN berharap agar anak-anak di SDN Sombo dapat belajar dan menerapkan pesan moral cerita tersebut serta mendapatkan pengalaman yang positif dan berharga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here