Magetan Kembali Raih APE, Naik Ke Tingkat Madya

0
12
Suprawoto Bupati Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusatamaan Gender (PUG) kini Kabupaten Magetan naik tingkat “Madya” dalam penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto melalui video conferen dengan Kementrian Pemberdayaan Perepuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI).

“APE ini merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan dan stakeholder pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG,”ujar Suprawoto dalam sambutannya di aula Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPKB PP dan PA)  Kabupaten Magetan. Rabu, (13/10/2021).

“APE diadakan 2 tahun sekali. Pada tahun 2018 Kabupaten Magetan meraih kategori Pratama dan tahun 2020 Magetan naik tingkat ke kategori Madya,”jelas Suprawoto.

Dijelaskan pula, alasan kenapa penghargaan tahun 2020 baru diterima, dikarenakan Pandemi COVID 19 penghargaan tahun 2020 baru di Evalusi pada Tahun 2021 dengan menilai Indikator pada Program Kerja  Tahun 2019 s.d 2020.

Kabupaten Magetan Berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG  mulai dari kebijakan dan Pelaksanaan yang Responsif Gender .

Strategi Kabupaten Magetan untuk  kembali mendapatkan penghargaan APE dengan mengutamakan 7 Prasarat PUG : Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya, Data, Alat Analisis, Dan Partisipasi Masyarakat.

Sementara itu, dalam acara penerimaan penghargaan dihadiri juga dihadiri Titik Sudarti istri Bupati Magetan Suprawoto.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here