Launching Pendataan Keluarga 2021, Magetan Siap Intervensi

0
103
Suprawoto Bupati Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Badan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKB & PPPA) Kabupaten Magetan, Jawa Timur Launching Pendataan Keluarga 2021 di ruang jamuan Pendopo Surya Graha. Acara launching dibuka langsung oleh Bupati Magetan. Kamis, (01/04/2021).

Suprawoto, Bupati Magetan mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan keluarga mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021. “Dalam pendataan pihak BKKBN dan DPPKB & PPPA akan menurunkan 1.470 kader pendata/ petugas pendata yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Magetan,” jelasnya.

Dijelaskan pula, dalam pendataan sebenarnya dilakukan lima tahun sekali, dan jadwal seharusnya pada tahun 2020. Namun, tidak dilakukan lantaran kondisi pandemi COVID-19 yang belum stabil, sehingga pendataan mundur sampai tahun 2021. “Disini kami melakukan pendataan dalam rangka Intervensi Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten,” terangnya.

Pada pelaksanaannya petugas akan melakukan pendataan keluarga dari data pembangunan keluarga, data kependudukan, data Keluarga Berencana serta stunting. Dalam pendataan keluarga meliputi 16 variabel dalam indikator kependudukan, 9 variabel dalam indikator keluarga berencana, 32 variabel pembangunan keluarga dan ditambah 1 variabel stunting.

Untuk mengawali pendataan Petugas pendata (paling kanan) mendata Suprawoto Bupati Magetan beserta Istri di ruang jamuan usai Launching Pendataan Keluarga 2021.

“Jika dalam pendataan diketahui ada keluarga miskin maka pemerintah bisa intervensi atau ikut campur dalam permasalahan keluarga untuk memberikan solusi. Artinya misalkan saat pendataan ditemui keluarga miskin jadi dinas Sosial yang akan menangani lebih lanjut,”ucapnya.

Lanjutnya, Suprawoto menjelaskan terkait pendataan, pihak pemerintah menggunakan sistem teknologi Smartphone dan formulir. Jadi dengan tenologi smartphone maka data yang sudah jadi dikirim ke pusat dan langsung ke kunci di sever pusat,” papar Suprawoto lagi.

“Jadi data bisa diperuntukkan sebagai dasar mengambil sebuah kebijakan pemerintah. kalau datanya itu tidak valid pihak kami juga menggunakan kebijakan tidak tepat,”pungkasnya.

Sementara itu, dalam acara launching Pendataan Keluarga 2021 dihadiri Furiana kepala Dinas DPPKB & PPPA) dan Nicka Priyamitasari kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Aduakasi & Pendayagunaan SDM (PPAPS) (DPPKB & PPPA) kabupaten Magetan.

Jurnalis: Ant (Magang).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here