Launching Pelaksanaan Program Pendataan Keluarga Tahun 2021. Sahabat humas, Pen…

0
91

Launching Pelaksanaan Program Pendataan Keluarga Tahun 2021.

Sahabat humas,
Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia.
Bertempat di ruang jamuan Pendapa Surya Graha, Bupati Magetan didampingi Wakil Bupati, Forkopimda, Kades dan Lurah yang tergabung secara virtual mengikuti launching pelaksanaan Program Pendataan Keluarga Tahun 2021 dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Magetan. (1/4/2021)
.
Dikatakan Furiana Kartini, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bahwa Pendataan Keluarga Tahun 2021 akan dimulai pada tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021. Adapun metode yang digunakan yaitu, sistem pendataan secara langsung (4,63%) dan sistem pendataan secara online melalui aplikasi Smart Phone (95,37%).
Target sasaran pendataan keluarga tahun 2021 ini yaitu sebanyak 221.591 keluarga di 18 Kecamatan termasuk keluarga yg ada di Lanud Iswahjudi.
.
Pelaksanaannya sendiri telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah No 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.
.
Bupati Suprawoto dalam arahannya menyampaikan pentingnya pendataan dalam keluarga, harapannya agar pendataan ini bisa memberi gambaran tepat dan menyeluruh tentang hasil pelaksanaan program di lapangan sehingga dapat digunakan untuk kepentingan operasional, penetapan kebijakan, perencanaan, pengendalian dan penilaian oleh pengelola dan pelaksana di semua tingkatan.
.
Pendataan Keluarga 2021 semestinya dilakukan pada 2020 lalu. Namun dengan memperhatikan kondisi pandemi CoViD-19, maka diundur pelaksanaannya menjadi tahun 2021 dengan menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.
Diakhir acara dilaksanakan penyerahan perlengkapan pendataan secara simbolis oleh Bupati Magetan.
(Prokopim/pi/dok.be/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here