KOTAKU Upaya Pemkab Magetan Tekan Pemukiman Kumuh

0
12

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Lokakarya program “KOTAKU” atau Kota Tanpa Kumuh telah di laksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur. Dalam upaya Pengentasan Kawasan kumuh di Kabupaten Magetan pemkab juga berkerjasama dan menyiapkan strategi kolaborasi antar pemangku kebijakan.

Tri Wuryandari Bappeda Litbang Kabupaten Magetan, mewakili ketua Pokja PKP Kabupaten Magetan mengatakan  dalam kegiatan lokakarya program “KOTAKU” ini diselenggarakan oleh tim Askot Mandiri dan Fasilitator kabupaten Magetan cluster Ponorogo secara virtual atau daring dengan host di ruang rapat Bapppeda Litbang jalan Basuki Rahmat Timur, Magetan pada tanggal 17 dan 18 November 2021.

“Dasar Hukum dan Kebijakan Pemerintah Daerah menjadi faktor penentu terhadap capaian program. Dimana, tahapan pelaksanaannya transparan dan dan melalui penjaringan relawan peduli lingkungan. Sehingga dapat di kontrol langsung dari pengawasan masyarakat luas,” jelas Tri Wiryandari.

Lanjutnya, Program “KOTAKU”  Kota Tanpa Kumuh merupakan satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia. Selain itu juga mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Selain Tri, Rekyan Puruhitasari selaku PPK wilayah 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur juga menambahkan bahwa, program KOTAKU ini telah melalui berbagai tahapan di Pemerintahan yang melibatkan peran serta OPD (Organisasi Perangkat Desa).

” Selain OPD juga ada partisipasi masyarakat sehingga menurunkan angka luasan kumuh sesuai SK Bupati Magetan, SK Kumuh Nomor 188/131/Kept./403.013/2020 sebesar 430,80 Ha menjadi 289,46 Ha atau berkurang sekitar 21,61 Ha,” ungkapnya.

Lanjutnya, angka capaian tersebut masih cukup rendah sehingga kedepan diharapkan Pemerintah Daerah menentukan strategi kolaborasi lebih baik dengan dibentuknya forum Pokja PKP (Kelompok kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman).

Kedepannya diharapkan hasil Lokakarya yang diikuti kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa serta forum LKM penerima bantuan. Dinas Perkim , Dinas PU, Dinas LH, Dinas Kesehatan, PMD dan Kominifo Kabupaten Magetan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pusat sehingga program KOTAKU dapat terus berkelanjutan.

Jurnalis: Nuvreilla.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here