Komitmen Kemendag Stabilkan Harga Minyak Goreng Harga crude palm oil (CPO) duni…

0
17

Komitmen Kemendag Stabilkan Harga Minyak Goreng

Harga crude palm oil (CPO) dunia yang mencapai USD 1.340/MT mempengaruhi kenaikan harga minyak goreng. Pantauan terakhir dari Kementerian Perdagangan (kemendag) per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah sebesar Rp 17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 18.500 per liter dan minyak goreng premium seharga Rp 20.300 per liter.

Menindaklanjuti atas kenaikan harga minyak goreng, Presiden Indonesia Joko Widodo menginstruksikan agar harga minyak goreng di Indonesia stabil dan terjangkau oleh masyarakat. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun berkomitmen menstabilkan harga minyak goreng.

“Pemerintah mengambil kebijakan dengan menyiapkan harga minyak goreng sebesar Rp 14.000 per liter dengan tetap memantau ketersediaan minyak goreng dipasaran.”, ujar Mendag saat memimpin rapat mengenai stabilisasi harga minyak goreng yang dilaksanakan secara hibidra di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (5/1).

Muhammad Lutfi menyampaikan kebijakan harga minyak goreng akan disiapkan untuk enam bulan kedepan. Dimana, Pemerintah Indonesia menyediakan anggaran sebesar Rp 3,6 triliun untuk menyediakan 1,2 miliar minyak goreng. Untuk pendanaan akan disiapkan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) termasuk untuk pembayaran PPN, menetapkan surveyor independen, serta mempersiapkan perjanjian kerja sama.

Selain itu, Kemendag juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak terjadi kelanggakan minyak goreng di pasar. “Kami juga meminta Pemerintah Daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.” Pungkas Lutfi.

(Diskominfo / sumber : kemendag.go.id / pub. fik / dok. kemendag.go.id /fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here