Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Magetan

0
54
Bupati Magetan Suprawoto saat menerima pataka dari petgas Satpol PP di depan pendop Surya Graha Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Bea dalam rangka peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur  yang ke-77 tiba di Pendopo Surya Graha Magetan, Jawa Timur. Penyerahan 4 pataka (bendera)  diterima langsung oleh Bupati Magetan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Madiun Kota, sekitar pukul 11.00 WIB. Rabu, (28/09/2022).

Suprawoto menjelaskan, kirab pataka ini  dilakukan secara bergantian diseluruh Kabupaten/ Kota se- Jawa Timur dengan cara estafet atau bergiliran diseluruh kota yang ada di Jawa Timur.

“ Pada kirab pataka ini mendapat pesan dari Ibu Gubernur Jawa Timur, bahwa kabupaten tidak akan bisa berdiri sendiri akan ada saling ketergantungan terhadap kabupaten lainnya, dan setiap kabupaten tentunya punya keunggulan dan kelemahan yang itu bisa kita tutup apabila kita bersinergi, “ ujar Suprawoto.

Dijelaskan pula, bahwa Provinsi Jawa Timur berumur lebih muda dibandingkan Kabupaten Magetan karena Provinsi Jawa Timur dibentuk oleh Republik Indonesia bukan negara Belanda waktu itu sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

“ Jadi Provinsi Jawa Timur dibentuk sesuai dengan usia Republik yaitu pada tanggal 12 Oktober 1945, yang  menetapkan Provinsi di Indonesia berdasarkan dengan undang-undang, “ terangnya.

Dalam hal ini, terkait hari ulang tahun Kabupaten Magetan akan diadakan beberapa event-event yang dapat memulihkankan perekonomian di Kabupaten Magetan.

“ Dalam ulang tahun Kabupaten Magetan  kita tidak hanya mengadakan program aja, tetapi saya minta juga dievent-kan supaya mengairahkan ekonomi, “ungkapnya.

Sementara itu, sebelum tiba di Magetan kirab pataka ini awalnya tiba dari Madiun Kota yang diserahkan ke Satpol PP Magetan dan diterima langsung oleh Bupati Magetan.

Kirab pataka ini diinapkan selanjutnya kamis, (29/09/2022) akan dilanjutkan dan dijemput diperbatasan kabupaten dan dibawa ke Kabupaten Ngawi. Dan keesoknya akan dilanjut Kabupaten Bojonegoro hingga pada tanggal 12 Oktober nanti tiba di Surabaya.

Sesuai informasi bahwa pataka ini akan dikirab diseluruh Kabupaten/ Kota di Porvinsi Jawa Timur. Kirab Pataka tersebut diberangkatkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur pada Jumat, (16/09/2022) lalu.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here