Kerjasama Growth Triangle Pacu Ekonomi Kawasan Indonesia, Malaysia dan Thailand…

0
33

Kerjasama Growth Triangle Pacu Ekonomi Kawasan
Indonesia, Malaysia dan Thailand memiliki jaringan kerja sama khusus yang diwujudkan dalam KTT IMT-GT. Ditahun ini KTT ke-13 IMT-GT digelar secara virtual. Dimana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ikuti kegiatan tersebut dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis,(28/10). Ada tiga hal pokok yang disampaikan dalam forum tersebut yaitu ; Pertama adalah pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur, Kedua Pentingnya mendukung ketahanan pangan dan energi melalui identifikasi dan pengembangan produk pertanian bernilai tambah tinggi. Pengembangan pertanian digital. Dan Ketiga Pentingnya mempercepat transformasi ekonomi digital termasuk untuk UMKM.
“Selama periode pertama cetak biru, Indonesia telah menyelesaikan tujuh ruas jalan tol, pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung, dan LRT Palembang,” jelas presiden terkait perkembangan infrastruktur di Indonesia.
“Untuk energi, teknologi dengan harga terjangkau, dan investasi memegang peranan penting bagi transformasi energi baru dan terbarukan. Oleh karena itu, kerja sama dengan mitra menjadi penting sekali artinya,” lanjut Presiden.
Sedang terkait transformasi ekonomi digital presiden menyatakan “Kita harus lahirkan lebih banyak lagi digitalpreneur baru. Kita pastikan IMT-GT e-commerce platform yang baru dibentuk agar berfungsi optimal dan user friendly dalam memfasilitasi UMKM di pasar digital,”
Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengungkap rencana Indonesia untuk menggelar ASEAN Creative Economic Business Forum di Bali pada bulan November mendatang sebagai upaya memperkuat peran UMKM dan ekonomi kreatif.
( Diskominfo/sumber.kemlu.go.id/pub.fa2/dok.kemlu.go.id)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here