Keris Raksasa Kunjungi Magetan di Pameran Tosan Aji 2021 Secara terminologi men…

0
10

Keris Raksasa Kunjungi Magetan di Pameran Tosan Aji 2021

Secara terminologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti tosan aji adalah besi aji. Adapun arti lainnya dari tosan aji adalah keris. Sebagai perwujudan nilai luhur negeri, keris memiliki spektrum makna yang lebih luas dan dalam. Tidak hanya semata berfungsi sebagai senjata taktis tradisional, keris juga mempunyai nilai-nilai filosofis, kosmologis dan ontologis yang tinggi.

Selain menyangkut hubungan Tuhan dan manusia, filosofi keris juga terkait dengan hubungan antar sesama manusia Artinya, selain bermakna tangible, yakni aspek seni estetis dari tradisi olah tempa dan lipat senjata khas dan asli Indonesia, yang utama adalah justru aspek intangible yang melekat dengannya, yakni filosofis, kisah tutur, tradisi, legenda, mitos, atau singkat kata ‘local knowledge’.

Seperti kita ketahui, keris melekat sebagai benda simbolik orang Jawa, dan telah mengambil porsi besar sebagai bagian dari pembentuk sistem simbolis kebudayaan jawa. Sekaligus juga mengisyaratkan bagaimana pentingnya posisi keris secara kebudayaan.

Untuk itu sebagai salah satu sarana pelestarian warisan budaya adi luhung ini, Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berkolaborasi dengan Pekatik ( Paguyuban Sejarah Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif ( PEKATIK ) dan Komunitas Tosan Aji se-Kab. Magetan menggelar Pameran Tosan Aji 2021, acara yang akan digelar mulai tanggal 25 hingga 27 Nopember 2021, diharapkan dapat mengenalkan sekaligus menambah pengetahuan terkait Tosan Aji kepada masyarakat Magetan dan sekitarnya
Selain memamerkan pusaka dalam kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan edukasi, berupa seminar, sarasehan dan workshop pembuatan keris oleh Empu Mng. Daliman Puspobudoyo dan Empu Teguh, Disini masyarakat bisa memihat secara langsung dan berinteraksi dalam proses pembuatan keris dengan empu aslinya. Acara yang juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kesenian, dilaksanakan di tenggara alun-alun atau tepatnya di Gedung Tripandita, dibuka mulai jam 10.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here