Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif Melalui ADWI Desa Wisata, Yes We Can Do It !!…

0
35

Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif Melalui ADWI

Desa Wisata, Yes We Can Do It !!!
Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Workshop Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertemakan ‘Indonesia Bangkit’ dilaksanakan secara virtual oleh Menteri Wisata dan Ekonomi Kreatif RI, Minggu (18/7). Bupati Magetan didampingi Kadisparbud,serta undangan terkait mengikuti kegiatan tersebut secara daring dari pendopo Surya Graha.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diluncurkan Kemenparekraf, pada April lalu di Gedung Sapta Pesona, Jakarta begitu pula Ajang ADWI 2021 telah dibuka sejak 7 Mei 2021, hingga 26 Juni 2021 lalu. Dimana Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) ini akan digelar pada 7 Desember 2021.

Dilansir dari website kemenparekraf.go.id di Puncak ADWI 2021 akan terpiilih 4 Desa Wisata Terbaik dan 1 Desa Wisata Terfavorit. Dengan total hadiah milyaran rupiah.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, meyatakan ada 1.831 desa wisata yang telah berpartisipasi mendaftar saat ini. Respond ini sangat menggembirakan sekaligus mengagetkan, karena perkiraan kemenpar semula hanya 700an peserta, yang akan mengikutinya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, yang turut hadir siang ini mengatakan,Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 didasarkan atas empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan yaitu; tata kelola, ekonomi lokal, sosial budaya, dan pelestarian lingkungan. Sedangkan dari segi kategori penilaian ada tujuh kategori penilaian, yaitu kategori homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability), konten kreatif, serta daya tarik wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Joko Trihono berpesan kepada peserta agar kiranya bisa mengikuti prosedur bimbingan teknis ini secara baik, meskipun melalui workshop online, dimana untuk Jawa Timur dijadwalkan hari Kamis, (29 /7) mendatang.

Adapun desa wisata yang berpartisipasi dalam ADWI 2021 adalah Desa Genilangit, Desa Randugede, Desa Simbatan dan Desa Mrahu, pungkasnya. (diskominfo/pb.ay/dok.ay/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here