Kasus Anak Gizi Buruk Menurun di Kabupaten Magetan

0
85

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyatakan, kasus anak mengalami gizi buruk tercatat menurun dari 2019 hingga 2020. Setiap tahun dilakukan penanganan gizi buruk melalui pelacakan dan konfirmasi kasus anak yang mengalami gizi buruk.

Nutrisionis Dinkes Magetan Dwi Tutut Yanuarti mengatakan, setelah terkonfirmasi, pihaknya melakukan sejumlah upaya. Yakni melakukan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk pemulihan, konseling pada ibu yang memiliki anak kasus gizi buruk, pendampingan balita gizi buruk, peningkatan PMT penyuluhan di posyandu.

”Selain itu dilakukan optimalisasi peran posyandu, mulai dari penyuluhan dan pelayanan gizi bagi ibu balita, ibu hamil, serta ibu menyusui,” ujar Dwi Tutut seperti dilansir dari Antara di Magetan, Sabtu (22/5).

Berdasar data Dinas Kesehatan Magetan, pada 2019 ditemukan anak dengan gizi buruk sebanyak 249 anak dari 32.471 anak yang ditimbang. Dari 249 anak tersebut berhasil disembuhkan sebanyak 153 anak melalui penanganan gizi buruk dari dinkes dan tersisa 96 anak.

”Artinya, pada 2019, Magetan berhasil menyembuhkan 61,44 persen dari 249 kasus gizi buruk yang ditemukan,” kata Dwi Tutut Yanuarti yang juga ahli gizi tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here