Jemparingan, Olahraga Panahan khas Kerajaan Mataram . Sahabat Humas, Jemparing…

0
32

Jemparingan, Olahraga Panahan khas Kerajaan Mataram
.
Sahabat Humas,
Jemparingan, olahraga panahan khas Kerajaan Mataram. Berasal dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, atau dikenal juga dengan jemparingan gaya Mataram Ngayogyakarta. Keberadaan jemparingan dapat ditelusuri sejak awal keberadaan Kesultanan Yogyakarta.
.
Olahraga memanah yang jarang ditemui sehari-hari ini kembali digelar oleh Komunitas Jemparingan Ki Mageti, bertempat di depan gedung Tripandita Magetan, Sabtu (27/11/2021).
.
Olahraga memanah yang biasanya identik dengan kaum laki-laki ini, ternyata juga banyak digandrungi oleh kaum perempuan. Terbukti dengan banyaknya peserta jemparingan dari para ibu-ibu dan remaja perempuan.
.
Penilaian dari Jemparingan ini adalah dengan tertancapnya (menclok) busur panah pada bandul dengan tingkatan warna yang berbeda oleh penjemparing. Warna merah untuk mendapatkan nilai 3, kuning nilai 2, putih nilai 1, dan paling bawah warna hitam nilai – 1. Masing-masing penjemparing di setiap rambahan mendapat 4 panahan. Selama 20 rambahan nantinya akan dijumlahkan, dan nilai terbanyak itulah yang menjadi titis 1 (juara).
.
Bupati Suprawoto juga turut mencoba jemparingan diikuti oleh Forkopimda. Bupati Suprawoto menyambut baik pameran tosan aji dan jemparingan yang digelar kali ini. ” Saya berharap ini menjadi agenda tahunan, tanggal dan bulan dipastikan sehingga bisa jadi agenda rutin. Kedepan ketika kondisi pandemi Covid-19 menurun, kegiatan semacam ini akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan. Covid-19 terkendali dan ekonomi tumbuh agar masyarakat tidak terlalu terpuruk ” terang Bupati Suprawoto.
(Prokopim/edh/ahm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here