Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Berpelukan

0
19

Suara.com – Berpelukan adalah hal yang romantis dalam menjalin hubungan. Berpelukan akan membuat rasanya nyaman antara satu sama lain. Di samping itu, saat diri kita dipeluk oleh seseorang, akan memberikan rasa perhatian dan sayang pada orang tersebut.

Memeluk maupun dipeluk rupanya sangat baik terhadap jalannya hubungan. Selain itu, dengan berpelukan akan memberikan beberapa manfaat tidak hanya hubungan, tetapi kesehatan otak dan mental. Di bawah ini terdapat manfaat dari berpelukan, di antaranya:

1. Pelukan dapat mengurangi stres dan sebagai dukungan

Selain bersama pasangan, pelukan juga bisa diberikan kepada keluarga, teman, atau kerabat terdekat. Biasanya pelukan diberikan sebagai bentuk dukungan dan rasa nyaman atas kesedihan yang dialami orang tersebut. Oleh karena itu, pelukan dapat menenangkan dan mengurangi stres orang yang bersedih.

Baca Juga:
15 Tahun Bersama, Ini Pelukan Emosional Valentino Rossi dengan Lin Jarvis

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Berpelukan - 1
Ilustrasi berpelukan. (Shutterstock)

Para ilmuwan mengatakan, memberi dukungan kepada orang lain melalui sentuhan dapat mengurangi stres orang yang sedang dihibur. Bahkan dapat mengurangi stres orang yang melakukan penghiburan

2.  Pelukan dapat melindungi dari berbagai penyakit

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 400 orang dewasa, para peneliti menemukan, berpelukan dapat mengurangi kemungkinan seseorang sakit. Para peserta dengan sistem pendukung yang lebih baik cenderung tidak sakit. Dapat dikatakan, efek pelukan bisa mengurangi stres sehingga menjadi lebih sehat.

3.Pelukan dapat meningkatkan kesehatan jantung

Dalam sebuah studi, ditemukan orang yang berpegangan tangan dan berpelukan menunjukkan penurunan tingkat tekanan darah dan detak jantung lebih baik dari yang tidak melakukannya. Dikatakan, berpelukan dapat memberikan hubungan kasih sayang yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga:
Suami Istri di Magetan Tewas Berpelukan di Dalam Sumur

4. Pelukan membuat bahagia

Para ilmuwan mengatakan, oksitosin (hormon pelukan) dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres. Dikatakan, hormon ini sangat baik untuk wanita. Hal itu karena oksitosin menyebabkan penurunan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.

Pasangan berpelukan. [Shutterstock]
Pasangan berpelukan. [Shutterstock]

Studi menemukan, oksitosin memberikan manfaat positif pada wanita yang memiliki hubungan yang lebih baik dan lebih sering berpelukan dengan pasangannya. Wanita juga melihat efek positif oksitosin saat mereka menggendong bayi mereka dengan erat.

5. Pelukan dapat mengurangi rasa takut

Menurut ilmuwan, pelukan dapat mengurangi kecemasan pada seseorang. Sentuhan pada seseorang dapat mencegah seseorang untuk mengunci dirinya sendiri. Dapat dikatakan, pelukan meningkatkan rasa percaya diri seseorang sehingga bisa mengurangi rasa takut.

6. Pelukan dapat mengurangi rasa sakit

Penelitian menunjukkan beberapa bentuk sentuhan mungkin mampu mengurangi rasa sakit. Dalam sebuah penelitian, orang dengan fibromyalgia memiliki enam perawatan sentuhan terapeutik. Setiap perawatan melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya nyeri.

7. Pelukan membantu komunikasi

Melalui pelukan, seseorang dapat berbicara walaupun tidak mengucapkan kata.  Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang asing mampu mengekspresikan berbagai macam emosi kepada orang lain dengan menyentuh bagian tubuh yang berbeda. Beberapa emosi yang diekspresikan termasuk kemarahan, ketakutan, jijik, cinta, syukur, kebahagiaan, kesedihan, dan simpati. / Fajar Ramadhan



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here