Ini Nominal Dibalik Indahnya Taman di Magetan

0
59
alun alun Magetan (Foto dokumen 2020)

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Alun-alun yang bersih dan indah merupakan dambaan setiap masyarakat di Kabupaten/Kota. Seperti Alun-Alun Magetan dalam waktu 3 tahun ini mengalami perubahan yang sangat signifikan mulai dari rumput, taman bermain anak-anak, tempat olahraga seperti lapangan basket, skateboard, semua tertata rapi dan terawat.

Tak terkecuali taman bersantai untuk keluarga dan pedagang kaki lima disisi sebelah Timur Alun-alun tertata rapi.

Namun semua itu tak terlepas biaya perawatan yang tak sedikit. Dalam satu tahun pemerintah Kabupaten Magetan mengeluarkan anggaran sebesar 160 juta untuk perawatan dan pembayaran listrik di 18 taman Kota.

” Dari 18 taman kota yang menghabiskan biaya terbanyak adalah alun-alun, taman batik dan taman stadion,” ujar Yoyok Djoharsorianto Kepala Bidang pengelolan prasana sarana umun dan pertanahan Dinas perumahan dan kawasan permukiman Kabupaten Magetan. Kamis (29/07/2021).

Untuk perawatan dibagi mulai dari perawata bunga, penyiraman dan pembibitan juga dilakukan. Tak hanya itu, perbaikan taman anak seperti pengelasan dan perbaikan lampu juga dilakukan. Dari 40 tenaga pemeriharanan taman terdiri dari tenaga outsourcing dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Khusus alun-alun kami butuh 17 tenaga outsourcing dan PNS, dan Khusus untuk tenaga outsourcing kami gaji UMK setempat,” jelas Yoyok.

Teknik pembagian 17 tenaga outsourcing dan PNS setiap hari senin dan jumat masuk namun dipotong 1 jam untuk digantikan hari sabtu dan minggu. “Dari jam 07.00 WIB sudah mulai membersihkan mulai menyapu, menyiram, dan membibit tanaman di sekitar taman kota,” terangnya.

Sementara itu, harapannya untuk masyarakat Magetan juga ikut merawat dan menjaga kebersihan disekitar tamannya maupun pepohonanya. “Karena taman itu milik bersama jadi taman dijaga itu juga buat semua masyarakat. Bisa buat santai, buat edukasi, dan bermain buat anak-anak,” pungkasnya.

Jurnalis: Anita Tata.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here