Ini Dia Peran Pers Menurut Akademisi Jurnalistik UGM Yogyakarta Dalam kegiatan …

0
36

Ini Dia Peran Pers Menurut Akademisi Jurnalistik UGM Yogyakarta

Dalam kegiatan Media Gathering 2021 yang dilaksanakan di Hotel Abadi Yogyakarta, Jumat (3/12/2021). Jurnalis senior yang juga merupakan akademisi jurnalistik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Ana Nadhya Abrar, memaparkan konsep dasar pers.

Menurutnya pers memiliki kontrol penting dalam mengawasi jalannya birokrasi kepemerintahan dan sebagai penyalur informasi kepada masyarakat.

“Ada beberapa fungsi pers, yakni mengawasi, advokasi, memimpin opini publik, mendidik, dan mewariskan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya, dengan tujuan mencerdaskan khalayak, membela yang tertindas, mengingatkan yang berkuasa dan mengembangkan opini publik,” ujar Ana.

Media Gathering 2021 Diskominfo Magetan dihadiri Bupati Suprawoto, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, Kepala Diskominfo Cahaya Wijaya, dan Kepala OPD. Dan sejumlah insan pers yang ngepos di Magetan.

Selain itu juga, menurut Ana porsi berita harus berimbang, relevan, dan netral yang merupakan indikator objektivitas sebuah berita.

“Yang dimaksud berimbang itu, keterangan tidak datang dari satu pihak saja, selanjutnya juga harus netral yang artinya keterangan tidak sensasional dan tidak pula di dramatisir serta relevan yang artinya ada hubungan antara kejadian dan ide yang disampaikan,” terangnya.

Sementara, menurut Bupati Suprawoto, ditengah pandemi Covid-19 ini, berpengaruh terhadap melemahnya ekonomi, sehingga dibutuhkan stimulus agar ekonomi meningkat, salah satu caranya dengan membuat tulisan dengan materi bermuatan positif yang mampu diserap para pegiat UMKM.

“Bagi saya, media itu seperti klinik yang mengingatkan kita jika ada yang tidak benar dalam diri kita, seperti juga jalannya birokrasi kepemerintahan, insan pers memiliki fungsi kontrol. Dengan begitu sinergitas antara insan pers dan pemerintah harus terjalin dengan baik untuk memajukan Bumi Magetan,” ujarnya, saat memberi sambutan di Hotel Abadi Yogyakarta.(Diskominfo/kontrib.rif/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here