Indahnya Goresan Cat Minyak Diatas Kanvas (part 2) . Sahabat Humas, Lain pelukis…

0
17

Indahnya Goresan Cat Minyak Diatas Kanvas (part 2)
.
Sahabat Humas,
Lain pelukis pasti lain ceritanya, dimana setiap pelukis pasti punya sudut pandang yang berbeda dengan pelukis lainnya. Pun aliran lukisan yang digeluti.
.
Bermain tentang Semiotika, simbol yang bernarasi. Asing bagi telinga orang awam, tapi tidak bagi Heru Gagar, salah seorang perupa yang memiliki karya unik dan menarik serta menggunakan medium yang tidak biasa. Salah satu karyanya berjudul ” Putih diatas Kanvas” menarik untuk dikupas.
.
Diterangkan secara gamblang oleh Heru Gagar, secara sederhana karya ini menggambarkan bunga Anggrek putih yang ceria di malam hari, namun dari sisi semiotika gambar ini menjadi punya narasi tentang hati wanita, jiwa wanita, wanita yang benar-benar wanita sebagai kodratnya. Anggrek sebagai salah satu bunga yang disukai wanita, maka anggrek dapat menjadi simbol seorang wanita.
.
Warna putih melambangkan kesucian, keceriaan, tapi putih tak ada maknanya jika tak ada hitam. Hitam bermakna gelap, putih akan tampak bersinar jika ada hitam, sebaliknya akan menjadi terang jika ada putih. Hitam dan putih warna yang berlawanan tapi sangat terpadu.
.
Sementara akar anggrek yang mencengkeram kuat pada batang tapi tidak bersifat seperti benalu, dia hanya ingin punya pegangan yang kuat untuk hidup. Dia hanya butuh disiram, disayang maka dia akan berbunga, tapi jika disakiti dia akan layu. “Begitu pula wanita, dia akan tumbuh mekar cintanya jika merasa dilindungi, disayang dan diperhatikan. Maka sayangi wanita sesuai Kodratnya” terang Heru Gagar.
.
Seperti kutipan Leo Tolstoy, Seni bukanlah kerajinan tangan, itu adalah transmisi perasaan yang dialami seniman.
(Prokopim/edh/KD1)
Informasi detail lukisan @merupa_oase

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here