Home Care dari TKSK Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseora…

0
91

Home Care dari TKSK

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi dan kewenangan oleh Kementerian Sosial atau dinas/instansi sosial provinsi, dinas/instansi sosial Kabupaten/Kota selama jangka waktu tertentu untuk melaksanakan dan membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di setiap wilayah penugasan di kecamatan.

Adapun tujuan pembentukan dan penugasan TKSK meliputi :

1. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.
2. Mewujudkan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.
3. Menjalin kerja sama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan program-program pembangunan lainnya di tingkat kecamatan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2018, Pemerintah Kab. Magetan melalui Dinas Sosial Kab. Magetan telah membentuk TKSK Kec. Ngariboyo yang terdiri dari Petugas Dinas Sosial Kab. Magetan, Perangkat Desa Ngariboyo, Kasi Kesejahteraan Sosial Kec. Ngaiboyo dan Petugas Puskesmas Ngariboyo.

Pagi ini TKSK Kec. Ngariyobo mengadakan kegiatan home care di Rumah Mbah Kasiyem (85 th) hidup sendiri, tidak memiliki anak yang dalam krsehariannya dirawat oleh saudaranya ( kasemi/ ponakan ) dalam hal makan dan kebutuhan lainnya. Selasa(29/03/2021).

Home care merupakan jasa layanan kesehatan yang memungkinkan pasien dengan kebutuhan khusus mendapatkan perawatan di rumah. Pada umumnya, orang-orang yang membutuhkan layanan home care meliputi pasien lansia, pasien dengan penyakit kronis, pasien setelah operasi, dan pasien setelah menjalani rawat inap.

Kegiatan home care kali ini difokuskan pada membersihkan lingkungan rumah, tempat tidur dan yang paling utama memandikan Mbah Kasiyem yang sudah hampir 5 th tidak mandi dan sehari – hari hanya sekedar membasuh mukanya saja.

Suhadi Perangkat Desa Dusun Daleman Desa Ngariboyo juga berterima kasih kepada seluruh TKSK Kec. Ngariboyo dengan adanya program home care seperti ini. Diharakan untuk kedepan ada kegiatan home care lagi diwilayah lain di Magetan.
.
@dinsosmagetan

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here