Hari Santri, Ponorogo Pecahkan Rekor Muri

0
36
Sugiri Bupati Magetan saat menerima penghargaan rekor Muri

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Peringati hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.  Ribuan santri gowes keliling Ponorogo memakai songkok, sarung dan sepeda unta.

Saking banyaknya, acara yang digagas pemerintah Kabupaten Ponorogo memecahkan musium rekor dunia indonesia (Muri)

Catatan  rekor Muri setelah pemerintah kabupaten mencatatkan namanya di museum rekor Muri dengan nomer registrasi 10.080 Minggu, (24/10/2021).

Rekor yang dicatat adalah pemrakarsa dan penyelenggara bersepeda menggunakan songkok, sarung dan sepeda unta terbanyak. Yakkni mencapai 6.211 peserta.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo menjelaskan bahwa pihaknya menggelar acara selain mengenang jasa santri atas perjuangan membantu kemerdekaan bangsa terutama jasa Kiyai Haji  Hasyim Ashari.

“Sedangkan  gowes santri ini untuk membantu mengkampanyekan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker,”ujar Sugiri.

Dijelaskan pula, Bupati ingin mengingat generasi muda bahwa santri berperan dan andil besar dalam mempertahankan termasuk mengukir kemerdekaan.

“ Hari ini resolusi itu masih terngiang dan saya ingin jihat itu tidak perang tapi melawan pandemi COVID , sehingga belum tentu orang sadar dengan vaksin hari ini percepatan vaksin kemudian promosi Prokes,”jelas Sugiri.

Dia mengaku jika bersepeda memakai sarung sedikit kerepotan, akan tetapi semua bisa diatasi dan aman.

Bahkan dalam bersepeda dengan memakai sarung sejumlah para pesantren mengaku tidak canggung.”Saya sudah terbiasa memakai sarung dengan bersepeda, bahkan kemanapun saya selalu pakai sarung,”kata Dawud salah satu santri.

Sementara itu, untuk memecah kerumuman, pemerintah kabupaten Ponorogo membuat sepedahan bareng di bagi menjadi enam titik,

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here