Hari Keris Dunia, Suprawoto Tanya Cara Pegang dan Buka Keris

0
24
Suprawoto Bupati Magetan saat meninjau pameran tosan aji 2021 didampingi Joko Trihono kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan di gedung Tripadita

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bagimana cara pegang dan buka keris dengan benar dan baik.

Contohnya Suprawoto Bupati Magetan saat meninjau sekaligus membuka acara  pameran Tosan Aji 2021 yang digelar di gedung Tripadita.

Bupati yang akrab di sapa Kang Woto  sempat menanyakan dari salah satu peserta bagimana cara pegang dan buka keris yang benar dan baik.

Setelah diberi penjelasan Suprawoto mengaku baru kali pertama jika cara memegang dan membuka keris dengan benar dan baik.

“Alasan saya tanya tadi karena  memang belum tahu bagimana cara memegang dan membuka keris dengan benar dan baik,”ujar Suprawoto usai meninjau pameran.

Dijelaskan, bahwa orang Jawa penuh dengan filosofi. ”Seperti keris saja ada filosofinya bagimana cara memegangnya, memakai kemudian membuka, semua itu ada filosofinya,”jelas Suprawoto.

“Tadi saya tanya kepada salah satu peserta kenapa saat membuka keris yang digerakan rangkanya bukanya yang ditarik kerisnya, ternyata filosofinya adalah kalau kita melepas baju tentunya yang dilepas bukan orangnya tapi bajunya,”kata Kang Woto.

Dia mengaku jika cara yang benar membuka keris baru kali ini.”Saya baru diberitahu oleh ahlinya dan saya baru kali pertama bagimana cara membuka keris dengan benar dan baik,”akunya.

“Inilah yang perlu diketahui oleh siapapun mulai dari generasi saat ini , termasuk jenengan juga mas harus tahu,”kata Suprawoto sambil menunjuk wartawan yang sedang mewawancari saat itu.

Sementara itu, dalam acara PameranTosan Aji dengan tema Budaya di Era Globalisasi yang digelar di Gedung Tripandita Magetan berlangsung selama 3 hari hingga Sabtu, (27/11/2021).

Acara dibuka langsung oleh Suprawoto Bupati Magetan.  Sesuai informasi jumlah peserta 170 dari berbagai kota/kabupaten di Jawa TImur dan Jawa Tengah.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here