Hari Kebangkitan Nasional, Ingat Boedi Oetomo Boedi Oetomo adalah organisasi p…

0
46

Hari Kebangkitan Nasional, Ingat Boedi Oetomo

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah. Boedi Oetomo berdiri tanggal 20 Mei 1908 di Batavia atau Jakarta. Tanggal berdirinya Boedi Oetomo ini akhirnya diperingati sebagai “Hari Kebangkitan Nasional”.

Boedi Oetomo didirikan oleh beberapa siswa STOVIA (School Tot Opleiding van Indische Artsen) atau sekolah dokter untuk bumiputera, yang merupakan cikal-bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beberapa tokoh pendiri Boedi Oetomo antara lain Soetomo, Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, dan lainnya. Pendirian Boedi Oetomo dapat diwujudkan berkat gagasan Wahidin Soedirohoesodo.

Tujuan dibentuknya Boedi Oetomo dalam kongres, disebutkan yaitu untuk menjamin kehidupan bangsa yang terhormat. Fokus organisasi ini adalah bidang sosial, pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Pada tahun 1928, Boedi Oetomo menambahkan suatu asas perjuangan yaitu untuk ikut berusaha melaksanakan cita-cita bangsa Indonesia.

Makna Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kelahiran organisasi Boedi Oetomo menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam meraih kemerdekaan, yang awalnya bersifat kedaerahan berubah menjadi nasional dengan satu tujuan. Perjuangan mengusir penjajah yang yang dulunya hanya mengutamakan kekuatan fisik, diubah dengan perjuangan baru yang mengedapankan kekuatan pikiran. Boedi Oetomo menjadi pelopor perjuangan yang memanfaatkan kekuatan pemikiran.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional bangkitkan semangat nasionalisme bagi Negara Republik Indonesia”.
(diskominfo/pb.wan/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here