Hari Guru Nasional, Bupati Suprawoto : Tenaga Pendidik Sebaiknya Jadi Kompas Ma…

0
7

Hari Guru Nasional, Bupati Suprawoto : Tenaga Pendidik Sebaiknya Jadi Kompas

Magetan – Guru sebaiknya memposisikan diri sebagai penunjuk arah atau kompas bagi anak didik. Hal ini yang dipesankan Bupati Magetan Suprawoto bersamaan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) pada Kamis, 25 November 2021.

“Karena, saat ini, anak bisa mencari informasi dari mana saja. Tinggal klik saja dari smartphone, semua informasi ada. Di sinilah peran guru hadir agar anak mengakses asupan informasi yang positif,” kata Bupati Suprawoto.

“Selain tentunya orang tua juga wajib mendampingi anak. Jadi, menurut saya, guru sebaiknya menjadi pendamping anak untuk menunjukkan arah dan kompas,” tambah bupati.

Menurut dia, di era digital ini, guru tetap berperan besar membimbing anak dalam pembentukan karakter anak yang bertanggung jawab, disiplin, dan jujur. “Sehingga, anak kelak menjadi pribadi yang berkarakter baik menghadapi persaingan ketat di era digital.”

Oleh karena itu, olah karsa, rasa dan raga harus menjadi gaya hidup guru. Ini agar bisa tetap dapat mendampingi anak didiknya sehingga dapat menjadi rule model. “Juga bisa menginspirasi bagi murid, orangtua dan lingkungannya.”

Di era pandemi Covid-19 ini, guru diharapkan bisa menjadi key person untuk transformasi pemahaman tentang Covid. Ini agar tidak bias. “Juga mempraktikkan secara nyata bagaimana penerapan prokes di era pandemi sehingga tetap produktif.” (diskominfo/kontrib.ant/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here