Hari Buku Sedunia, Dinas Arpus Lakukan Fumigasi Bahan Pustaka Tepat dihari buku…

0
66

Hari Buku Sedunia, Dinas Arpus Lakukan Fumigasi Bahan Pustaka

Tepat dihari buku sedunia, 23 April 2021, Dinas Arpus Kab. Magetan berencana lakukan Fumigasi bahan pustaka. Fumigasi dilakukan siang ini dengan menggandeng CV. Delta Mandiri, Sidoarjo. Fumigasi dilakukan di dua bagian yaitu di Gedung Perpustakaan dan Depo arsip. Dengan pelaksanaan fumigasi diharapkan dapat menjaga koleksi Pustaka perpustakaan dan arsip dari rayap dan hama lainnya.

Kasi Pengelolaan Perpustakaan Endang Suharyati menyampaikan, fumigasi ini sebagai agenda rutin setiap tahun biasanya dilakukan di semester 2. Namun pelaksanaan tahun ini bertepatan dengan “Hari Buku Sedunia”. Dalam pelaksanaannya ruangan akan ditutup rapat, kemudian dilakukan penyebaran butiran obat ke seluruh ruangan. “Fumigasi dilaksanakan selama dua hari, sehingga hari sabtu perpustakaan ditutup dan hari minggu dilakukan pembersihan oleh petugas”, terang Endang.

Fumigasi sendiri merupakan cara pengendalian atau pembasmian hama pengganggu dengan melepaskan suatu senyawa bernama “FUMIGAN” ke dalam ruang tertutup atau udara. Cara kerja dari fumigan adalah dengan mematikan hama memalui sistem pernafasan, karena oksigen yang ada dalam ruangan sudah terkontaminasi oleh gas fumigan tersebut. Gas fumigan ini juga tergolong senyawa golongan pestisida yang sangat beracun. Fumigan akan berubah menjadi gas ketika diaplikasikan dan akan menyebar ke segala arah. Oleh karena itu pelaksanaannya sebaiknya di ruang tertutup.
(diskominfo/pb.wan/dok.wan/tos).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here