Guncangan Gempabumi Tektonik M6,7  Terasa di Kabupaten Magetan Gempabumi Tekton…

0
58

Guncangan Gempabumi Tektonik M6,7  Terasa di Kabupaten Magetan

Gempabumi Tektonik M6,7 yang mengguncang Selatan Jawa terasa hingga di Kabupaten Magetan, Sabtu, (10/4/ 2021) pukul 14.00. 16 WIB
.
Dikutip dari siaran pers BMKG Pusat, hasil analisis BMKG gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi ,mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ). 
.
Gempabumi ini memiliki magnitudo  M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.
.
Meski gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
.
Masyarakat perlu jeli dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh guncangan  gempa dengan memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

Dampak Guncangan gempabumi ini dirasakan di  beberapa daerah di Jawa Timur yakni sekitar Kabupaten Magetan, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Kediri, Trenggalek, Jombang.
(Kominfo/edt.ayu/IKP1)
Sumber foto – @infobmkg

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here