Gelombang Rossby Sebabkan Jatim Kerap Hujan meski Kemarau BMKG mengungkap adany…

0
14

Gelombang Rossby Sebabkan Jatim Kerap Hujan meski Kemarau

BMKG mengungkap adanya fenomena gelombang Equatorial Rossby (ER) di kawasan Jawa Timur (Jatim). Hal tersebut mengakibatkan cuaca di Jawa Timur kerap mendung serta hujan meski musim kemarau, dan hal ini diperkirakan masih berlangsung hingga Oktober 2021.

Apa itu gelombang rossby?
Gelombang Equatorial Rossby adalah salah satu fenomena gelombang yang terjadi di atmosfer maupun lautan. Gelombang berotasi secara berpasangan dan bergerak ke arah barat di sekitar kawasan ekuator.

Biasanya, gelombang ini bisa bertahan hingga 7 sampai 10 hari. Gelombang Rossby muncul sejak beberapa waktu terakhir dan diperkirakan terjadi hingga 15 September.

Gelombang ini memiliki karakter membawa massa udara bersifat basah, sehingga sering menyebabkan hujan di wilayah yang dilaluinya. Fenomena tersebut mengakibatkan hujan meskipun saat musim kemarau.

Menurut Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, Gelombang ini membuat cuaca tidak menentu, bahkan di sejumlah wilayah Jatim mengalami cuaca buruk.

“Potensi hujan yang terjadi lebih disebabkan adanya Gelombang Rossby dan anomali suhu muka laut. Pengaruh rossby masih bertahan hingga 15 September nanti,” ucap Teguh, Senin (13/9/2021).

Sementara itu, kondisi curah hujan wilayah Jatim di dasarian I September 2021 masuk kriteria rendah.

Sedangkan curah hujan pada dasarian II September 2021 diperkirakan kurang dari 50 mm dengan peluang lebih dari 80 persen di bagian utara Jatim dan Madura.
(Diskominfo:cup/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here