Dua Calon Ramaikan Pemilu Raya IKA SMASA Magetan

0
45

JawaPos.com – Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Magetan (IKA SMAN 1 Magetan) pada akhir 2022 ini punya agenda penting. Organisasi perkumpulan alumni yang berdiri pada 2016 itu akan menggelar pemilihan Ketua Umum.

“Ini agenda rutin organisasi IKA SMAN 1 Magetan untuk memilih Ketua Umum periode 2022-2026. Sesuai AD ART, pemilihan ini penting agar keberlangsungan organisasi terus terjaga,” kata Purwoko, perwakilan Panitia Pemilihan Ketua IKA SMASA.

Meski baru berdiri 6 tahun lalu, organisasi ini cukup dikenal karena ketokohan para alumninya. Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo, Komjen Pol (Purn) Suparni Parto mantan Kabaintelkam Polri, Marsma TNI Mahandono (mantan Sahli Kasau), Marsdya TNI Ismono Wijayanto (mantan Irjen Kemenhan), Prof. M Zainuddin (Guru Besar Unair), Drs. Sumantri (Bupati Magetan 2008-2018), dan Dr. Suprawoto (Bupati Magetan saat ini) menjadi nama-nama yang menjadi alumni, serta duduk sebagai Dewan Penasihat.

Pada periode 2016-2019 lalu, Dr. Suprawoto terpilih menjadi Ketua Umum. Tapi jabatan itu kemudian dilepas setelah terpilih sebagai Bupati Magetan pada 2018. Sejak itu, kepemimpinan IKA SMASA diteruskan oleh Dr Ir Heppy Kristijanto, MS, Wakil Rektor ITS Surabaya yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua.

Roda organisasi IKA SMASA kembali diputar melalui Munas yang digelar awal November lalu. “Memang dengan begitu banyak dinamika, pemilihan ketua umum tidak dibarengkan waktu forum Munas. Saat ini tinggal melaksanakan pemilihan Ketua Umum dan tahun depan dilanjut dengan Reuni Akbar,“ katanya,

Meski pandemi Covid-19 sempat mengganggu aktifitas organisasi, program-progam IKA SMASA tetap berjalan. Program terkait pendidikan, penghargaan siswa berprestasi, pengembangan kewirausahaan UMKM, dan program sosial bantuan untuk masyarakat terdampak Covid terus berjalan.

“Alhamdulillah IKA SMASA sudah mendistribusikan 1500 paket sembako senilai Rp 126 juta pada masyarakat terdampak Covid di Magetan,” kata Dr Ir Heppy Kristijanto saat membacakan laporan pertanggungjawaban di forum Munas.

Menjelang pemilihan Ketua Umum IKA SMASA periode 2022-2024 pada 2-3 Desember 2022 besok, ada dua orang yang menjadi calon. Yakni, Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Ir Siti Choiriana, MMT dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim dan Ketua Harian Komite Komunikasi Digital Jawa Timur Dr Arief Rahman, ST, MM,.

“Hingga penutupan pendaftaran 22 November 2022 lalu, hanya ada dua calon ketua umum saja. Setelah kita beri waktu seminggu untuk kampanye kepada para koordinator alumni wakil lulusan 1964 hingga 2022, besok waktunya memilih,” jelas Purwoko.

Sebagai salah satu anggota Panitia Pemilihan Ketua Umum IKA SMASA, Suroso mengaku lega. Dua calon yang muncul ini menurutnya sama-sama mempunyai kualitas dan kapasitas yang bagus serta motivasi yang kuat untuk memajukan organisasi.

“Siapa pun yang terpilih, ini kemenangan untuk sekolah SMA 1, seluruh alumni dan juga masyarakat Magetan,” kata Suroso, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Magetan.



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here