Dibanjiri Pemudik, Penjualan Oleh-oleh Khas Magetan Alami Peningkatan

0
8

Magetan (beritajatim.com) – Sejumlah toko oleh-oleh di Magetan merasakan berkah mudik Lebaran 2022. Ini ditandai dengan meningkatnya penjualan lantaran banyak toko yang diserbu pemudik dari luar kota.

Banyak pemudik yang mampir untuk beli aneka jajanan khas seperti jenang candi, sarang madu, dan kerupuk lempeng. Sejumlah toko di pusat oleh-oleh Jalan Raya Magetan-Sarangan, Desa Candirejo, Kecamatan Magetan.

Para pemudik memborong berbagai jenis jajanan khas Magetan. Di Toko Oleh-Oleh Alrista, misalnya, sejumlah jajanan khas selalu ludes.

Salah satu pembeli, Joko Santoso, memborong rengginang, kembang goyang dan keripik mbote untuk dibawa pulang kampung dan diberikan pada rekan-rekannya. Selain karena pilihan yang beragam, harga yang terjangkau juga jadi pertimbangan.

”Di sini lengkap ya. Saya beli banyak jajanan. Buat teman-teman dan keluarga saya. Harganya cukup terjangkau ya,” kata Joko, Jumat (6/5/2022).

Toko oleh-oleh Magetan diserbu pemudik.

Tak hanya di Alrista, Pusat Oleh-Oleh Pura Nirwana Desa Pacalan, Plaosan, Magetan juga dibanjiri pemudik dan wisatawan. Toko ini bahkan mengalami peningkatan penjualan cukup tinggi.

Eka Wahyuningsih, pegawai toko tersebut mengungkapkan penjualan di libur lebaran tahun ini meningkat sebanyak 30 persen dari sebelumnya.

”Misal satu item barang biasanya terjual 10 bungkus per hari, kini terjual sampai 30 bungkus hingga 50 bungkus dan di sini ada lebih 35 jenis jajanan. Harganya mulai Rp8.000 hingga paling mahal Rp30 ribu,” kata Eka, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, oleh-oleh khas yang diburu adalah sarang tawon. Baik rasa ubi ungu atau ubi putih. Oleh-oleh asli Magetan itu diminati banyak orang karena cita rasa manis dan gurih yang khas.

”Kami biasanya ramai saat sore hari. Banyak bus pariwisata yang mampir. Baik untuk beli oleh-oleh atau mampir makan,” kata Eka.

Dia mengharap agar pemerintah setempat tidak mengalihkan para wisatawan yang hendak berwisata ke Sarangan untuk berbelok ke arah lain. Pedagang mengaku dengan ramainya Sarangan maka jualan mereka juga bakal ramai. (fiq/beq)



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here