Dewan Pers Gelar UKW di Magetan, 54 Jurnalis Diuji

0
25
NAMPAK SERIUS: Sejumlah peserta UKW nampak serius saat mengerjakan soal dari dewan pers yang dilaksanakan dihotel Bukit Bintang Magetan.

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dewan Pers gelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur diikuti 54 peserta wartawan dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). UKW dilaksanakaan di hotel Bukit Bintang selama 2 hari yaitu hari Sabtu-Minggu, (13-14/11/2021).

Agus Sudibyo anggota Dewan Pers mengatakan bahwa UKW tersebut merupakan program rutin Dewan Pers guna meningkatkan profesionalisme dan meningkatkan kapasitas para wartawan.

“Selain itu, tujuan dari UKW ini memberikan status kompeten untuk wartawan atau jurnalis yang berkompeten dan memberikan kesempatan kepada teman-teman yang selama ini belum terverifikasi sebagai wartawan yang berkompeten,”jelas Sudibyo.

Dijelaskan  pula, peserta UKW dari PWI berjumlah 18 orang, terbagi menjadi dua bagian yakni 12 peserat UKW muda dan 6 peserta UKW Madya. Sedangkan peserta UKW dari IJTI berjumlah 36 orang, terbagi menjadi dua bagian yakni 30 peserta UKW Muda dan 6 peserta UKW Madya total peserta 54 orang,

 “UKW akan terus diupayakan rutin dilaksanakan, guna memberi pelatihan, pendidikan serta meningkatan Kompetensi wartawan,” kata Sudibyo.

Namun dalam hal ini bagi yang belum lolos UKW  akan mendapatkan pengalaman guna ujian kompetensi selanjutnya. Sehingga lebih siap dalam menghadapi ujian kompetensi guna memiliki status kompeten uji wartawan. Sementara ujian yang diberikan kepada peserta salah satunya adalah wartawan harus memahami dan mengerti kode etik jurnalis.

”Selain itu ujian yang diberikan kepada peserta adalah kemampuan menulis, kemampuan menujuk narasumber dan masih banyak lainnya,”ucap Sudibyo, Sabtu,(13/11/2021).

Program dewan pers kali ini bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas),  Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI), dan konsituen pers Nasional yakni Persatuaan Wartawan Indonesi (PWI), Ikataan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Media cyber Indonesia (AMSI) dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, acara UKW program dewan pers dibuka langsung oleh bupati Magetan Suprawoto. Dalam sambutanya Suprawoto mengaku sangat bangga Magetan dijadikan tempat UKW. Dan dia berharap dari sejumlah peserta UKW bisa menjadi wartawan yang lebih baik dan professional.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here