Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021, Pemerintah Kabupate…

0
19

Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Magetan melaksanakan Gotong Royong Reboisasi Penghijauan Magetan ( GRRPM ) secara masif yang melibatkan Diaspora Magetan, masyarakat, pegiat lingkungan serta para siswa siswi ( tingkat dasar, menengah, atas ). GRRPM akan dilaksanakan pada Minggu, 28 November 2021 yang direncanakan akan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah.

Sebagai informasi sebelum puncak acara ini sudah dilaksanakan penghijauan diberbagai tempat yang melibatkan TNI / Polri, Masyarakat dan pegiat lingkungan. Dari gerakan ini diharapkan semua elemen masyarakat bersama pemerintah ikut menjaga dan merawatnya sehingga gerakan ini akan sukses, dan itu belajar dari proses penghijauan di sumber Dawuhan Desa Trosono Kecamatan Parang pada 7 Februari 2020 yang tingkat hidupnya 98 persen dengan tingkat tumbuh cukup bagus. Penghijauan lingkungan di sumber air Dawuhan Desa Trosono Kec. Parang ini telah disampaikan oleh Bupati Suprawoto sebagai best practice di Magetan. Semuanya itu tidak lepas dari peran serta masyarakat dan Pemerintah Desa dalam ikut merawat dan memonitor pohon tersebut secara berkala.

Untuk saat ini Pemerintah Kabupaten Magetan akan melaksanakan penghijauan dan reboisasi yang dilakukan dalam konsep klaster-klaster sesuai letak, kesesuaian tumbuhan dalam suatu lokasi dengan jenis tanaman pohon yang bisa menyerap air ( beringin, duwet dll ) dengan baik dan jenis tanaman produktif ( durian, alpukat, sukun dll ).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here