BUMDes Nguntoronadi Bagi Kartu Kendali LPG 3 Kg

0
32
Suprawoto Bupati Magetan saat menyerahkan secara simbolis Kartu Kendali LPG 3 Kg kepada salah satu warga desa Nguntoronadi,

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar Penyerahan kartu kendali LPG 3 Kg bagi rumah tangga dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kepada warga setempat. Acara digelar di Balai Desa Nguntoronadi. Senin (09/08/2021)..

Basuki Rahmad Kepala Desa Nguntoronadi mengatakan program Penyerahan kartu kendali LPG 3 Kg merupakan program BUMDes Nguntoronadi.

 “Ada 200 kartu kendali LPG 3 Kg yang akan diberikan pada warga Desa Nguntoronadi dan 100 kartu untuk warga tidak mampu sedangkan 100 dibagikan kepada UMKM,”ujar Basuki.

Masih kata Basuki,  bahwa kartu kendali LPG bisa multifungsi tidak hanya untuk LPG namun juga bisa digunakan  untuk program dari pemerintah desa saat penerimaan sembako murah atau program yang berhubungan dengan subsidi.

Dijelaskan pula, untuk UMKM di Desa Nguntoronadi sudah melakukan usaha,seperti usaha makanan renggingan, lempeng, jamu tradisonal , dan warung nasi pecel.

“kita sudah memberikan  bantuan seperti listrik dan alat-alat masak untuk UMKM sebelum masa  pandemi COVID-19, jadi kita tiap tahun memberikan bantuan untuk UMKM dan masyarakat tidak mampu,” jelas Basuki.

Sementara itu, Suprawoto Bupati Magetan dengan program kartu kendali LPG 3 Kg menurutnya bagus dan dapat membantu masyarakat.

 “Jadi ini merupakan sebuah upaya supaya subsidi itu tepat sasaran sehingga perlu kartu Kendali LPG dan saya apresiasi kepada teman-teman di Desa Nguntoronadi ini adalah program yang pertama di Kabupaten Magetan,” terangnya.

Sehingga program yang bagus dapat dilakukan di Desa lain, dengan kehadiran pemerintah apalagi di masa pandemi COVID-19 subsidi tepat sasaranya. “Jangan sampai nanti yang menerima LPG ini tidak sesuai sasaranya dan harus tepat sasaran dengan cara menggunakan kartu kendali LPG ini,”  kata Suprawoto.

“Saya berharap untuk Desa yang lain dapat menyusul, karena ini program yang bagus dan saya berterima kasih kepada Desa Nguntoronadi yang sudah melakukan penyerahan kartu kendali LPG,” jelas Suprawoto.

Dengan adanya program tersebut salah satu warga yakni Sulanjari mengaku sangat gembira. “Saya senang karena dapat kartu kendali LPG dan ini sangat membantu apalagi dimasa pandemi COVID-19,” senangnya.

 “Karena produksi saya Renggingan itu biasanya untuk oleh-oleh jadi karena adanya pandemi ini omsetnya turun sehingga adanya bantuan kartu kendali LPG dapat meringankan sedikit-sedikit dan dapat membantu,”pungkasnya.

Jurnalis: Anita Tata.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here