Bonsai Expo, Wabup Magetan Dukung Ada PPBI

0
40
Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusmiartini saat meninjau lokasi kontes bonsai di desa wisata randugede Hiden Paraside , Kecamatan Plaosan , Kabupaten Magetan Jawa Timur, Sabtu,(16/10/2021)

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) diharapkan ada di kabupaten Magetan, Jawa TImur. Pasalnya kabupaten/ Kota se-jawa timur hanya kabupaten Magetan belum ada PPBI.

Dalam sambutan pembukaan Bonsai expo yang diadakan di Desa wisata Randugede Hiden Paraside , Kecamatan Plaosan , Kabupaten Magetan Jawa Timur, Sabtu,(16/10/2021) Wakil Bupati (Wabup) Magetan Nanik Endang Rusmiartini menyatakan dukungan penuh untuk pembentukan PPBI di kabupaten Magetan.

“Sesuai saran ibu wabup kita akan membentuk asosiasi Bonsai dalam bentuk organisasi perkumpulan penggemar bonsai Indonesia yaitu PPBI,”ujar Herman Santoso Ketua Cabang PPBI Madiun sekaligus  juri Bonsai expo.

Lebih lanjut, sesuai arahan beliau nanti pihak kami akan koordinasikan dengan teman-teman di Magetan untuk membentuk prangkatnya atau pengurusnya dan  nanti dikirim ke pusat Jakarta.”Jika sudah dikirim ke Jakarta kita tinggal nunggu SK-nya,”kata Herman.

Dalam hal ini dari pemerintah kabupaten Magetan sudah suport untuk pembentukan PPBI di kabpaten Magetan.

Dalam pembentukan PPBI di kabupaten Magetan tidak ada syarat tertentu dari pemerintah daerah setempat.” Dalam hal ini pemerintah hanya dimintai bantuan suport dalam menggelar event, pemberitahuan pengukuhan PPBI di Magetan nantinya,”ungkapnya.

Sedangkan untuk kontes Bonsai ada tiga Ketegori untuk peserta, 1 Prospek ,2 semi jadi, 3 jadi.

“Pelantikan anggota PPBI di kabupaten Magetan yang lantik tetap dari pusat dan sepengetahuan dari pemerintah daerah setempat,”paparnya.

Sementara itu, peserta Bonsai expo yang diadakan selama 4 hari (13-19/10/2021) Di ikuti oleh peserta dari Magetan dan  kota kota sekitar Ponorogo, Madiun, Ngawi, Karanganyar.

“Bahwa tujuan kontes Bonsai di Magetan ini adalah untuk mengedukasi teman-teman yang ada di Magetan khususnya pemberhati bonsai,”terang Herman.

Edukasi dalam kontes bonsai dari salah satu event ini yakni memaksimalkan bahan menjadi pohon bonsai yang kualifaik untuk bisa dikonteskan.

“ada dua macam bonsai yakni bonsai hasil budidaya dan bonsai hasil alam. Sedangkan yang kita tangani ini adalah bonsai hasil budidaya,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here