Berawal Ketidaksengajaan, Kini Sukses Melalui Ecoprint Tiwi Sukoco, warga asal …

0
19

Berawal Ketidaksengajaan, Kini Sukses Melalui Ecoprint

Tiwi Sukoco, warga asal Terung Magetan sukses mengkreasikan kerajinan ecoprint dengan berbagai macam media. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari kain katun, kulit kambing hingga kulit sapi—Tiwi jadikan media ecoprint.

Kesuksesan Tiwi bermula saat mengikuti pelatihan yang ada di desa. “Awalnya itu, ibu saya yang disuruh ikut pelatihan. Namun, ibu saya menganggap bahwa ecoprint itu ribet. Jadi saya yang akhirnya ikut. Dari ketidaksengajaan ini, akhirnya saya menyukai ecoprint ini.”, awal cerita Tiwi.

Mengenai teknik ecoprint yang digunakan, Tiwi menggunakan teknik steaming. Teknik ini merupakan salah satu teknik ecoprint yang yang dilakukan dengan cara dikukus. Teknik ini cukup rumit karena memerlukan bahan yang cukup banyak, seperti pipa, alat kukus, cuka dan lain-lain.
Sedangkan untuk bahan daun dan bunga yang digunakan ecoprint, Tiwi sampai berburu ke berbagai tempat. “Ya cari di mana saja. Sampai cari di gunung pun pernah, soalnya daunnya hanya tumbuh di daerah itu.” ujar Tiwi yang juga menggemari hobi naik gunung.

Tidak sampai di situ, Tiwi juga menginovasikan kerajinan Ecopintnya ke dalam berbagai bentuk barang. Dari kaos, tas, sandal, sepatu, case gawai, syal sampai mukena menjadi karya ekrafnya.

Dari perjuangnya, Tiwi menorehkan berbagai prestasi. Yaitu, juara 1 Lomba Fashion Batik Khas Magetan Tahun 2020; dan beberapa karyanya dimuat dalam majalah Ecoprint Nasional. Tak hanya di situ, karya Tiwi bahkan digunakan oleh public figure Indonesia, Okky Madasari.

Tiwi pun memanfaatkan berbagai marketplace untuk pemasaran karya ecoprintnya. SobatKom, penasaran dengan karya ecoprint dari Tiwi? Yuk stalking instagram @dedaunanofficial .

@magetantourism

(Diskominfo/pub&dok:fik/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here