Bawaslu dan Diskominfo Magetan Jalin Kerjasama Pengawasan Partisipatif Melalui P…

0
44

Bawaslu dan Diskominfo Magetan Jalin Kerjasama Pengawasan Partisipatif Melalui Podcast di Radio Magetan Indah.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Magetan dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan tandatangani MoU terkait pengawasan partisipatif melalui podcast di Radio Magetan Indah (RMI), Jumat (28/5).

Efek dari pandemi covid-19 membuat Bawaslu perlu berfikir kreatif. Covid menyebabkan kegiatan dan anggaran Bawaslu terbatas. Hal inilah yang mendasari ide melakukan kegiatan pengawasan partisipatif melalui podcast atau siniar melalui siaran di Radio Magetan Indah (RMI). Podcast diyakini mampu menjangkau masyarakat luas.

Ketua Bawaslu Magetan Hendrad Subyakto menjelaskan bahwa dalam mengampu tugas ini Bawaslu telah menggandeng beberapa lembaga, salah satunya Diskominfo Magetan yang mengelola RMI. Hendrad berterimakasih atas dukungan dan kerja sama Diskominfo dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif. “Mudah-mudahan kerjasama ini bisa ditingkatkan dan bisa kontinyu, kaitannya dengan pengawasan partisipatif dan pelanggaran-pelanggaran pemilu”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo yang diwakili Sekretaris Dinas Joko Waluyo menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu sangat penting. Masyarakat selaku pemegang otoritas tertinggi dalam demokrasi, harus terlibat dalam pengawasan pemilu yang berlangsung. “Harapan kita bersama, jika proses demokrasi lebih baik akan didapatkan pemimpin atau wakil rakyat yang jujur dan amanah. Serta tidak ada pelanggaran dan kecurangan dalam proses maupun tahapannya”, terangnya.

Sesuai tugas dan fungsinya di bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo harus siap mendukung apa yang telah dicanangkan oleh Bawaslu. Khususnya terkait dengan pengawasan partisipatif. RMI siap dimanfaatkan untuk mensosialisasikan, mempublikasikan kegiatan terkait pengawasan partisipatif sesuai MOU. Siaran berupa podcast di Radio Magetan Indah (RMI) dengan frekwensi 104.9 FM.

(diskominfo/pb.wan/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here