Amankan Peminjam Buku Dari Covid, Dinas Arpus Sediakan Book Sterilizer Antisipa…

0
45

Amankan Peminjam Buku Dari Covid, Dinas Arpus Sediakan Book Sterilizer

Antisipasi penyebaran covid, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Magetan sediakan alat sterilisasi buku atau book sterilizer. Layanan ini disediakan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan di ruang publik.

Buku setelah di pinjam oleh pemustaka perpustakan, akan kami kumpulkan terlebih dahulu di box penampung buku, kemudian akan di sterilisasi setelah perpustakaan tutup. ” Buku kami sterilkan selama 360 detik di dalam kotak book sterilizer ini. Kalau sesuai petunjuk sebenarnya hanya cukup 90 detik, tapi kami buat 360 detik agar semakin aman,” kata pustawakan Dinas Arpus Ruli Dadan Rusdianata, jumat (23/4/2021).

Alat tersebut memberikan treatment khusus menggunakan pemanas khusus yang diatur secara otomatis menggunakan penyinaran Ultraviolet. Book sterilisasi dapat menampung 18 buku dalam sekali proses. Pengadaan alat ini dilatari kekhawatiran terkait ancaman penularan virus covid-19 melalui media buku. “PAK 2020, kami langsung beli alat ini untuk cegah penyebaran covid”, jelas Ruli

Selama Pandemi, Perpustakaan Magetan hanya buka jam 8 s/d jam 12. Setiap pemustaka yang datang diwajibkan menggunakan masker, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum masuk perpustakaan. Tidak lupa dilakukan pengecekan suhu tubuh dan peringatan untuk menghindari kontak fisik. “Ruang baca yang dulu untuk 8 orang sekarang hanya untuk 2 orang saja. Ini upaya kami memberikan kenyamanan dan keamanan pemustaka perpustakaan,” Ujar Ruli.(Diskominfo/pb.ryz/dok.wan/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here