221 Perangkat Desa di Magetan Dapat Santunan 1 Juta

0
42
Suprawoto Bupati Magetan saat memberikan santunan secara simbolis kepada salah satu perangkat desa non ASN

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Sebanyak 221 perangkat desa dan non Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur mendapat santuan masing-masing mendapat Rp 1.000.000 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Hari ini dari BPJS memberikan subsidi upah kepada 221 perangkat desa dan non ASN, karena yang bersangkutan ikut BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Suprawoto. Selasa, (19/10/2021).

Dijelaskan pula, selain memberikan santuan kepada 221 perangkat desa dan non ASN, pihaknya juga memberikan santunan kepada peserta BPJS ketenagakerjaan yang meninggal dunia kepada hak waris. ”Jadi total ada Rp 221 juta untuk tahun ini,” kata Suprawoto.

Honggy Dwinanda Hariawan staf BPJS menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya memberikan santunan kepada 221 perangkat desa dan non ASN akan tetapi juga memberikan santunan kematian dan ketenagakerjaan sebanyak 8 ahli waris.

“Tadi ada penerima santunan jaminan kematian. Jaminan kematian ini meninggal tanpa kecelakaan kerja dan kebetulan sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, suaminya meninggal dunia ahli warisnya mendapatkan santunan sebesar  Rp 42 juta,” jelas Honggy.

Selain jaminan kematian, ada juga peserta BPJS yang mendapat beasiswa sebesar  Rp 63 juta. “Dari jumlah santunan Rp 63 juta itu akan diberikan bertahap setiap tahun,” paparnya.

“Beasiswa TK-SD sebesar Rp 1.5 juta, SMP Rp 2 juta, SMA Rp 3 juta dan kuliah sebesar Rp 12 juta per tahun,” jelas Honggy.

Dari 8 peserta BPJS ketenagakerjaan satu peserta diantaranya mengalami kecelakaan kerja mendapat santunan sebesar Rp 98 juta yang diberikan ke ahli warisnya.

Diceritakan peserta BPJS ketenagakerjaan yang mendapatkan santunan sebesar Rp 98 juta awalnya mengalami kecelakaan saat akan berangkat bekerja di pasar di Magetan.

Sementara itu, penyerahan bantuan subsidi upah 2021  serta santunan kematian dan beasiswa kepada alhi waris pegawai non ASN langsung diserahkan oleh Suprawoto Bupati Magetan di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan.

Dalam hal ini Suprawoto berharap masyrakat dapat terlindungi. UMKM atau pengusaha yang memperkerjakan supaya diikutkan ke BPJS ketenagakerjaan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here